Progres 2 Pabrik Baru Semen Indonesia Sudah Capai 63%

Dian Ihsan Siregar    •    13 Oktober 2015 15:43 WIB
semen indonesia
Progres 2 Pabrik Baru Semen Indonesia Sudah Capai 63%
Illustrasi semen. FOTO ANTARA/ERIC IRENG

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembangunan dua pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) yang ada di Rembang, Jawa Tengah (Jateng) dan Indarung, Sumatera Barat (Sumbar), yang mencapai Rp7,8 triliiun, telah mencapai 63 persen.

"Telah 63 persen progres kedua pabrik itu," ucap Direktur Utama Semen Indonesia Suparni, ditemui dalam acara 'Launching Lembaga Sertifikasi Profesi Semen Indonesia Group dan Ceremonial Penyerahan Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi Semen Indonesa Group‎' di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Selasa (13/10/2015).

‎Dia menyebutkan perseroan menargetkan di 2016 pembangunan pabrik tersebut akan selesai. Pada saat ini progres pembangunan pabrik masih terus berjalan. Kedua pabrik akan menyumbang enam juta ton per tahun, terdiri dari pabrik yang di Indarung berkapasitas tiga juta ton per tahun, dan Rembang mencapai tiga juta ton per tahun. 

Dengan tersumbangnya enam juta ton dari dua pabrik yang diharapkan bisa beroperasi di 2016, maka perseroan bisa meraih kapasitas produksi 40 juta ton di 2017. 

Adanya kedua pabrik tersebut akan menambah kapasitas terpasang pabrik Semen Indonesia, yang pada tahun ini diperkirakan menjadi 32,3 juta ton, akan mencapai 38,3 juta ton di 2016. 

"Itu sudah termasuk pabrik semen yang kami miliki di Thang Long," jelasnya.


(SAW)