Tiongkok & Aksi Ambil Untung Hantam IHSG

Arif Wicaksono    •    13 Oktober 2015 16:26 WIB
ihsg
Tiongkok & Aksi Ambil Untung Hantam IHSG
Ilustrasi. FOTO/AntaraAzis

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat menilai aksi ambil untung mewarnai pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang pada perdagangan hari ini anjlok sebesar 147 poin atau 3,19 persen ke 4.483,08.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya menuturkan, pelemahan indeks karena adanya sentimen sesaat yang sedang menguji level support pada angka 4.360. Sehingga menunjukkan pelemahan karena dalam jangka panjang indeks masih meningkat.

"Hal ini sifatnya masih teknikal, karena kita lihat masih ada potensi kenaikan sampai akhir tahun," kata dia kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Kepala Riset Daewoo Securities Indonesia Taye Shim menambahkan, pergerakan indeks masih diperngaruhi oleh data impor Tiongkok pada September 2015 yang pertumbuhannya minus 17,7 persen ketimbang dengan periode yang sama pada tahun lalu.

"Penurunan impor disebabkan kejatuhan permintaan terghadap harga komoditas yang jatuh dengan ambruknya harga minyak mentah sebesar 5,1 persen pada kemarin," ujar Taye. 



(SAW)


Video /