Mensos: Ada Komunikasi Intens di Kirab 1 Suro

Pythag Kurniati    •    14 Oktober 2015 00:08 WIB
kirab
Mensos: Ada Komunikasi Intens di Kirab 1 Suro
Pura Mangkunegaran menggelar kirab satu suro pada Selasa (13/10/2015) malam. Beberapa pusaka dikirab dalam acara tersebut. Foto: MTVN/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Menteri Sosisal Khofifah Indar Parawansa mengatakan di kirab 1 Suro terdapat proses komunikasi budaya yang intens. Hal tersebut diungkapkannya usai mengikuti kirab 1 Suro yang digelar di Mangkunegaran, Selasa, 13 Oktober malam.

“Menurut saya proses kirab tadi adalah proses komunikasi kepada seluruh elemen masyarakat. Kita meyakini bahwa yang ada di sekeliling Mangkunegaran ini ada banyak suku. Mereka mungkin kebetulan tinggal di Solo atau mereka sengaja hadir di sini untuk melihat kirab ini. Ada proses komunikasi di sana,” kata dia.

Mengikuti kirab 1 Suro merupakan pengalaman pertamanya. Berjalan mengelilingi tembok Mangkunegaran tanpa berbicara sepatah kata pun menurutnya merupakan suatu proses introspeksi. Khofifah menilai terdapat komunikasi tanpa perlu melafalkan apa-apa dalam proses tersebut.

Kirab ini, katanya, sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia. "Ini proses pembelajaran kita sebagai sebuah bangsa yang terus mencoba memahami dinamika kehidupan masyarakat. Bagaimana sebetulnya Mangkunegaran sebagai entitas yang kuat budaya Jawanya kemudian mengkomunikasikan dengan budaya diluar keraton. Itu sangat menarik,” tutur Khofifah.

Mensos mengungkapkan kesadaran masyarakat untuk memahami kebhinekaan perlu terus dibangun. "Sebab perekatan antarbudaya bangsa ini adalah bangunan-bangunan keserasian sosial, Disadari atau tidak pasti punya makna signifikan terhadap kesadaran yang sama bahwa kebhinekaan merupakan sunatullah,” pungkas dia.

Pura Mangkunegaran menggelar kirab satu Suro, Selasa, 13 Oktober malam. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa tampak berpartisipasi dalam kirab tersebut. Sejumlah tokoh lain seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anggota DRP RI Arya Bima juga tampak hadir malam itu.


(UWA)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

4 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /