Tips Knowledge

Pahami Sudut Rake dan Trail Pada Sepeda Motor

Ainto Harry Budiawan    •    16 Oktober 2015 09:54 WIB
tips motor
Pahami Sudut <i>Rake</i> dan <i>Trail</i> Pada Sepeda Motor
Sudut rake dan trail pengaruhi handling motor. Cycleworld

Metrotvnews.com: Data spesifikasi pada brosur sepeda motor kadang kala mencantumkan angka rake dan trail pada bagian rangka. Tapi apakah arti angka pada rake dan trail itu? 

Rake atau punya nama lain caster, adalah sudut yang ada antara poros rumah kemudi dengan garis lurus as roda depan (lihat poin A), seperti ditulis Cycleworld.

Motor jenis chopper punya sudut rake lebar karena posisi garpu (sokbreker) depan yang condong ke depan. Sportbike punya sudut rake yang lebih sempit karena posisi garpu mendekati vertikal.

Motor sportbike kebanyakan punya sudut rake 25 derajat, sedangkan chopper mendekati 45 derajat. Motor touring berkisar 29 derajat dan cruiser 32 derajat.

Motor dengan sudut rake besar, berarti dua hal. Pertama jarak sumbu roda (wheelbase) yang semakin panjang. Kedua, secara keseluruhan, hal ini turut menambah besar sudut trail.

Lalu apa itu trail? Trail berarti jarak (bisa mm atau inci)  antara titik potong dari garis poros kemudi dengan garis lurus titik kontak roda (lihat poin B).

Normalnya, sudut trail punya ukuran 50-100 mm. Jika sudut trail terlalu besar, sepeda motor akan sulit berbelok meski stabil pada kecepatan tinggi. Sebaliknya maka sepeda motor menjadi tidak stabil namun mudah berbelok.

Dengan membandingkan rake dan trail dari sejumlah sepeda motor, bisa membuat Anda menebak seperti apa karakter handling dari sepeda motor yang dimaksud tanpa perlu Anda menungganginya secara langsung.


(UDA)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

10 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /