MH17 Ditembak Dari Ukraina Timur

LB Ciputri Hutabarat    •    14 Oktober 2015 01:43 WIB
mh17
MH17 Ditembak Dari Ukraina Timur
Kokpit pesawat MH17 diperlihatkan saat presentasi laporan final penyebab jatuhnya pesawat nahas ini. Foto: AFP/Emmanuel Dunand.

Metrotvnews.com, Belanda: Pemerintah Belanda akhirnya merilis fakta Pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh dihantam rudal buatan Rusia.

Direktur Badan Keselamatan Belanda Tjibbe Joustra menyebutkan pesawat dihantam oleh rudal Buk buatan Rusia. Hal ini dikatakannya berdasarkan teknologi militer Rusia.

Namun pemerintah Rusia yang turut dalam operasi mengaku tak bisa memastikan tipe rudal yang menghantam pesawat.

Joustra juga mengungkapkan awak penerbangan tak ada hubungannya dengan kejadian ini. "Tidak ada pihak penerbangan yang terlibat," terang Joustra seperti yang dilansir CNN, Selasa (13/10/2015).

Sebelumnya, September 2014 tim mengeluarkan temuan yang menyebutkan, pesawat jatuh karena benda dengan energi besar yang berasal dari luar pesawat.

Sementara penyelidikan kriminal internasional yang dilakukan terpisah, masih terus berlangsung. Jaksa penuntut Fred Westerbeke berjanji tidak akan berhenti hingga yang bertanggungjawab dalam insiden tersebut bisa diadili.

Namun jaksa penuntut tidak bisa mengeluarkan dakwaan sebelum lokasi kejadian diputuskan. Juli lalu, Rusia memveto proposal Belanda di PBB, untuk membentuk pengadilan internasional. Atas keputusan itu, Belanda pun mencari alternatif lain.


(DRI)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

23 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /