Kualifikasi Piala Eropa 2016

10 Pemain Ceko Paksa Belanda Hanya Jadi Penonton di Piala Eropa 2016

Hilman Haris    •    14 Oktober 2015 03:43 WIB
kualifikasi piala eropa 2016
10 Pemain Ceko Paksa Belanda Hanya Jadi Penonton di Piala Eropa 2016
Belanda gagal lolos ke Piala Eropa 2016 (AFP)

Metrotvnews.com, Amsterdam: Belanda tak akan tampil di Piala Eropa 2016. Kepastian soal itu didapat tim oranye usai dibantai Republik Ceko dengan skor 2-3 pada matchday 10 Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2016, di Amsterdam ArenA, Rabu 14 Oktober. Gara-gara kekalahan ini, Belanda harus puas bertengger di peringkat keempat klasemen akhir grup dan gagal meraih mimpi lolos ke Piala Eropa lewat jalur playoff.

Belanda sebetulnya sudah melakukan segala cara untuk bisa menang. Sejak menit awal, skuat asuhan Danny Blind itu menggempur pertahanan Ceko dari sisi sayap yang ditempati oleh Anwar El Ghazi dan Memphis Depay. Melalui kombinasi keduanya, Belanda sempat menciptakan peluang berbahaya pada menit kelima. Namun sepakan El Ghazi dari dalam kotak penalti tak berbuah gol lantaran bola berhasil ditangkap oleh kiper Ceko, Petr Cech.

Belanda kembali menciptakan peluang mencetak gol lima menit kemudian. Kali ini giliran Wesley Sneijder yang beraksi. Tapi lagi-lagi Belanda tak bisa mengubah skor. Bola hasil sepakan keras Sneijder dari jarak dekat melambung di atas mistar gawang.

Keasyikan menyerang membuat Belanda alpa menjaga pertahanan. Kesalahan itu akhirnya harus dibayar mahal oleh Sneijder dkk karena Ceko berhasil membuka keunggulan pada menit ke-24. Pavel Kaderabek menjadi pemain Ceko yang membuat beban Belanda semakin berat. Ketika itu, Kaderabek tanpa kawalan mampu menggiring bola ke kotak penalti dan melepaskan sepakan keras yang gagal diantisipasi kiper Belanda, Jeroen Zoet.

Fan Belanda yang memenuhi Amsterdam ArenA nampak tidak senang dengan gol itu. Mereka mulai mencibir performa Sneijder dengan mengeluarkan siulan-siulan.

Gol Kaderabek dan cemoohan penonton nampaknya meruntuhkan mental skuat Belanda. Buktinya performa mereka semakin menurun sejak tertinggal 0-1. Situasi ini dimanfaatkan Ceko dengan baik. Pada menit ke-35, Ceko sukses memperbesar keunggulan menjadi 2-0 setelah Josef Sural dengan cerdik memasukkan bola ke dalam gawang melalui sepakan pelan dari dalam kotak penalti.

Blind selaku pelatih bereaksi atas gol tersebut. Demi mempertajam serangan, Blind memasukkan striker Robin van Persie untuk menggantikan bek Jairo Riedewald.

Performa menyerang Belanda membuat pertahanan Ceko panik. Beberapa kali mereka melakukan kesalahan tak perlu lantaran kewalahan menjaga pergerakan Depay dkk. Puncak dari kesalahan pertahanan Ceko terjadi pada menit ke-43. Ketika itu, Marek Suchy dikartu merah gara-gara menjegal Depay yang sudah berhadapan dengan Cech.

Beruntung bagi Ceko, Belanda tak memanfaatkan sisa waktu pada babak pertama dengan baik. Skor 2-0 untuk keunggulan Ceko bertahan hingga turun minum.

Belanda langsung menggempur pertahanan Ceko sejak babak kedua dilangsungkan. Nahas, sejumlah peluang yang diciptakan Van Persie, Sneijder, dan Depay tak ada yang mampu merobek jala gawang Ceko.

Mirisnya, Van Persie yang sengaja dimasukkan untuk mengubah situasi justru membuat rekan-rekannya makin tertunduk lesu lantaran mencetak gol bunuh diri pada menit ke-70. Kejadian itu bermula dari serangan Ceko dari sisi sayap. Alih-alih menyapu bola hasil umpan silang winger tim tamu, Skalak, Van Persie justru melakukan blunder dengan mendorong si kulit bundar ke pojok gawang Zoet.

Bayang-bayang gagal ke Piala Eropa 2016 mungkin sudah muncul di pikiran Huntelaar dkk saat tertinggal 0-3. Namun seperti tak ingin mengecewakan fan yang sudah datang ke stadion, tim oranye tetap semangat menggempur pertahanan Ceko. Setelah berkali-kali berusaha, Belanda akhirnya mampu mencetak gol melalui tandukan Huntelaar memanfaatkan umpan Sneijder pada menit ke-70.

Gol Huntelaar sepertinya membangkitkan semangat juang para pemain Belanda. Buktinya, mereka makin bernafsu melakukan serbuah ke pertahanan tim tamu pada 20 menit waktu tersisa melalui kombinasi serangan Van Persie, Bas Dost, Huntelaar, dan Sneijder.

Aksi tak kenal lelah Huntelaar dkk menghasilkan gol kedua bagi Belanda pada menit ke-83. Uniknya, gol diciptakan oleh Van Persie yang seakan  ingin membayar kesalahan yang diciptakan pada awal babak kedua.  

Belanda memiliki waktu tujuh menit untuk menghasilkan keajaiban. Tapi karena gol ketiga tak kunjung tercipta hingga menit ke-88, fan Belanda satu per satu mulai meninggalkan stadion. Mereka seolah tak kuasa menahan kecewa tim kesayangan tak berpatisipasi di Piala Eropa tahun depan.

Wasit Damir Skomina memberikan tambahan tiga menit pada masa injury time. Sisa waktu itu tentunya terasa sempit bagi Belanda untuk mencetak dua gol. Secara menyakitkan, tim oranye akhirnya harus meratapi nasib kalah dari Ceko sekaligus hanya menjadi penonton saat Piala Eropa 2016 berlangsung. 

Pada saat Belanda tersedu, Ceko justru merayakan kemenangan ini dengan suka cita. Pasalnya tiga poin usai menumbangkan Belanda melambungkan posisi Ceko ke puncak klasemen Grup A dengan koleksi 22 poin. Situasi ini terjadi karena pada saat bersamaan, pemuncak klasemen sebelumnya, Islandia, kalah dari Turki dengan skor 0-1. Gara-gara kekalahan itu, poin Islandia terpaku di angka 20 usai melakoni 10 laga. 


(HIL)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

4 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /