Gubernur Okinawa Cabut Izin Pembangunan Pangkalan Militer AS

Fajar Nugraha    •    14 Oktober 2015 10:00 WIB
jepang
Gubernur Okinawa Cabut Izin Pembangunan Pangkalan Militer AS
Protes menentang pangkalan militer AS di Okinawa (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Okinawa: Gubernur Okinawa, memenuhi janjinya untuk mencabut izin pembangunan sebuah pangkalan udara baru Amerika Serikat (AS) di pulau tersebut. Rencana pembangunan itu mendapat kecaman dari warga.

Keputusan dari Gubernur Okinawa Takeshi Onaga, memunculkan kemungkinan perselisihan hukum dengan pemerintah pusat di Tokyo. Ini adalah bagian janji Onaga kepada warganya. Demikian diberitakan VOA Indonesia, Rabu (14/10/2015).

Takeshi Onaga mengumumkan langkah itu pada Selasa (13/10/2015), satu bulan setelah dia mengatakan akan mengambil tindakan setelah mendapati "cacat" dalam izin awal yang dikeluarkan pendahulunya.

Onaga dipilih tahun lalu dengan janjinya semasa kampanye untuk memblokir relokasi Pangkalan Udara Korp Marinir Amerika Futenma, dari daerah yang padat penduduk di Okinawa ke daerah Henoko yang masih belum berkembang.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menyebut keputusan gubernur itu "patut disesalkan". Ia bertekad pembangunan di pangkalan udara tersebut akan dilanjutkan meskipun Onaga mengambil tindakan bertentangan dengan itu.


(FJR)

Mourinho Kagumi Bek Benfica
Liga Champions 2017--2018

Mourinho Kagumi Bek Benfica

2 hours Ago

Kesetiaan Luisao membuat pelatih Manchester United Jose Mourinho kagum. Ia memuji penampilan be…

BERITA LAINNYA
Video /