Ribuan Warga Aceh Singkil Mengungsi ke Sumut

Arga sumantri    •    15 Oktober 2015 01:58 WIB
bentrok
Ribuan Warga Aceh Singkil Mengungsi ke Sumut
Sejumlah relawan mengajak anak-anak pengungsi korban bencana longsor Dusun Jemblung, Desa Sampang, Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah, bermain di barak pengungsian, Rabu (17/12/2014). MI/Liliek Dharmawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Ribuan warga Aceh Singkil mengungsi ke Sumatera Utara guna menghindari konflik yang terjadi. Kepolisian Daerah Sumatera Utara menyebut total ada 4.409 warga Kabupaten Aceh Singkil yang mengungsi ke dua kabupaten di Sumut.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf menjelaskan, sebanyak 3.433 warga Aceh Singkil mengungsi di Kabupaten Tapanuli Tengah. Sementara 976 orang lainnya mengungsi di Kabupaten Pakpak Bharat.

"Di Tapanuli Tengah, warga Aceh Singkil tersebut ditampung di lima lokasi di Kecamatan Manduamas yakni Gereja HKI, Balai Desa Saragih, SMP 1 Atap Saragih, Gereja HKBP Saragih, dan Katolik Paroki Tumba Jahe," kata Helfi seperti dilansir Antara, Rabu (14/10/2015).

Sementara, di Pakpak Bharat, para pengungsi menempati beberapa tempat seperti kantor Kecamatan Sibagindar, sekolah, rumah penduduk, dan tenda-tenda yang telah disiapkan. Pemkab Pakpak Bharat juga menyiapkan berbagai logistik yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pengungsi dari Aceh Singkil tersebut.

Menurut keterangan pengungsi Aceh Singkil di Tapanuli Tengah pada polisi, mereka pilih mengungsi karena mendapati informasi ada kelompok masyarakat dari Singkil yang mengejar mereka. "Karena merasa ketakutan, mereka lari ke berbagai arah, hingga Tapanuli Tengah dan Pakpak Bharat," terang Helfi.

Mencegah hal itu, polisi menempatkan sejumlah personelnya guna menjaga perbatasan Sumut dengan Aceh Singkil. Seperti 34 orang satuan Brimob Detasemen C, 28 orang Korem 023/Kawal Samudera, dan 40 orang Kodim 0211/Tapanuli Tengah.

"25 personel Polri juga siaga di Polsek Manduamas," kata Helfi.

"Kendaraan yang akan masuk ke wilayah Aceh Singkil juga diperiksa di perbatasan oleh aparat TNI dan Polri," pungkas Helfi. (Antara)


(AZF)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /