BNP2TKI Kawal Pemulangan TKI dari Suriah Hingga Kampung Halaman

Arga sumantri    •    15 Oktober 2015 02:30 WIB
bnp2tki
BNP2TKI Kawal Pemulangan TKI dari Suriah Hingga Kampung Halaman
Sejumlah TKI tengah bersiap kembali ke tanah air--Dok Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) kawal 33 TKI yang dipulangkan dari Suriah hingga ke kampung halamannya masing-masing. 33 TKI yang dipulangkan dari Bandara Damaskus, Suriah, berasal dari daerah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Maluku, NTB dan Kalimantan Selatan.

33 TKI tersebut tiba di Indonesia pada Selasa (13/10/2015) pukul 15.15 WIB menggunakan Qatar Airlines QR 956. Kementerian Luar Negeri atau KBRI Damaskus kemudian melakukan prosesi serah terima TKI kepada BNP2TKI di Lounge TKI Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Kegiatan repatriasi (pemulangan kembali) TKI yang dari Damaskus ke Indonesia ini pertama kalinya dilakukan sejak 2012. Proses repatriasi ini didampingi oleh pejabat MC/PF Politik KBRI Damaskus, Didi Wahyudi.

Didi mengaku turut berbahagia dapat mengantarkan TKI pulang selamat sampai tanah air. Didi pun berpesan pada TKI agar tak kembali menjadi TKI di luar negeri.

"Begitu besar perhatian dan upaya yang dilakukan pemerintah dalam memulangkan kalian, oleh karena itu jangan kembali lagi" pesan Didi pada para TKI, Rabu (14/10/2015).

Menurut Didi, seharusnya para lelaki yang bekerja menghidupi rumah tangga. Kalaupun terpaksa, kata Didi, wanita boleh bekerja asal dapat restu dari suami atau orangtua. "Tapi jangan kembali lagi menjadi TKI," tegas Didi.

Para TKI, bakal diantar langsung dari bandara ke kampung halamannya masing-masing oleh petugas BNP2TKI. Monang, petugas BNP2TKI memastikan tak ada sedikitpun biaya yang perlu dikeluarkan TKI untuk pulang ke kampun halaman.

"Semua biaya pemulangan TKI sampai ke daerah asal ditanggung oleh BNP2TKI" ungkap Monang.

Ronasih Binti Jayadi, yang merupakan salah satu TKI asal Cianjur mengungkapkan rasa syukurnya dapat pulang kembali ke Indonesia. Turut hadir dalam acara serah terima tersebut Tenaga Profesional BNP2TKI Bidang Perlindungan, Miftah Farid, dan Alfian dari Dit PWNI BHI Kemlu.


(AZF)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /