Kesiapan Perbaikan Ekonomi RI Pengaruhi Penguatan Rupiah

Eko Nordiansyah    •    15 Oktober 2015 10:28 WIB
paket kebijakan ekonomi
Kesiapan Perbaikan Ekonomi RI Pengaruhi Penguatan Rupiah
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, penguatan terhadap dolar Amerika Serikat (AS) secara umum dipengaruhi oleh pelemahan mata uang Negeri Paman Sam akibat data ekonomi yang juga melemah.

"Karena dia tidak jadi menaikkan tingkat bunga, data-data pertumbuhan ekonomi, inflasi dan data tenaga kerja tidak bagus, itu satu hal. Kalau dia (dolar) melemah, ya banyak nilai tukar mata uang lain menguat," kata dia di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015).

Dirinya menambahkan, penguatan mata uang negara lain terhadap dolar AS akan sangat variatif, tergantung pada bagaimana negara tersebut mempersiapkan diri untuk memperbaiki ekonominya.

"Kalau Anda mempersiapkan diri, Anda bisa menguat lebih tinggi. Kalau Anda tidak mempersiapkan diri, ya Anda menguat tapi tidak banyak," sambung Darmin.

Namun begitu, Darmin menyebutkan jika penguatan rupiah terhadap dolar AS selama beberapa pekan terakhir belum sesuai dengan fundamental rupiah. Pasalnya, pelemahan rupiah dalam beberapa bulan kemarin sudah berlebihan.

"Ini sudah bablas selama beberapa bulan ini. Sudah spekulasi, macam-macam, euforia, histeria. Sudah tidak karu-karuan. Dia sedang menuju balik pelan-pelan," pungkasnya.


(AHL)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

4 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /