Persepsi Negatif Banyak Pengaruhi Pelemahan Rupiah

Eko Nordiansyah    •    15 Oktober 2015 13:11 WIB
rupiah melemah
Persepsi Negatif Banyak Pengaruhi Pelemahan Rupiah
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah dalam beberapa bulan terakhir disebabkan oleh banyaknya spekulasi dan persepsi negatif. Hal itu pula yang mendorong pelemahan nilai tukar rupiah melebihi nilai sebenarnya.

"Kurs kita bukan nilai sebenarnya. Itu sudah selama sekian bulan terakhir rupiah kita itu sudah lebih banyak merupakan pengaruh dari spekulasi, dari persepsi, dan sebagainya," jelas Darmin, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015).

Namun demikian, jelas Darmin, penguatan nilai tukar rupiah dalam beberapa pekan terakhir ini tidak banyak dipengaruhi oleh penundaan bank sentral Amerika Serikat (AS) yang akan menaikkan Fed Fund Rate (FFR).

"Bukan cuma pengaruh dari tidak menaikkan suku bunga, itu sudah tiga sampai empat kali rapat enggak naikkan, tapi kok enggak turun-turun rupiah? Kok sekarang turun? Ada faktor lain yaitu kita membentuk keyakinan pasar," jelas dia.

Untuk itu, masih kata mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini, penguatan nilai tukar rupiah harus terus dilakukan dengan memengaruhi persepsi pasar agar terus positif. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan menerbitkan paket kebijakan ekonomi.

"Perubahan ini sedang berjalan. Ini belum selesai. Kita juga tetap menjalankan perbaikan, perubahan. Apa sebulan lalu keputusan, dia bisa sudah terlaksana," pungkasnya.


(ABD)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /