Bulog Serap 21.000 Ton Beras Petani Merauke

   •    15 Oktober 2015 14:49 WIB
beras
Bulog Serap 21.000 Ton Beras Petani Merauke
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews.com, Jayapura: Kepala Bulog Divisi Regional Papua Arif Mandu menyatakan pihaknya telah menyerap sebanyak 21.000 ton beras hasil produksi petani di Kabupaten Merauke. Namun, kini pihaknya pesimistis dapat mengejar target tahunan penyerapan beras dari Kabupaten Merauke yang sebesar 30 ribu ton.

"Penyerapan di Merauke masih jalan walau kecil. Ini diluar perkiraan. Padahal saya target penyerapan di Panen gaduh ini 30 ribu ton, sekarang baru 21 ribu ton. Ini diluar perkiraan karena kemarau," ujarnya, seperti dikutip Antara, di Jayapura, Kamis (15/10/2015).

Menurut Arif, musim kemarau kali ini adalah yang terparah dan telah menyebabkan ribuan hektare (ha) lahan milik para petani mengalami gagal panen sehingga berimbas kepada penyerapan Bulog. "Ini kemarau terpanjang dan paling parah. Masalah alam ini susah mengatasinya, akhirnya penyerapan kita terhambat," jelasnya.

Arif mengatakan, rencana untuk menyuplai kebutuhan beras di wilayah Papua bagian utara dengan beras asal Merauke akhirnya harus diurungkan karena stok yang ada sekarang hanya mampu memenuhi kebutuhan di bagian selatan saja.

"Sekarang stok untuk Merauke cukup, tapi untuk wilayah utara harus dari Surabaya," ungkapnya.

Sebelumnya Arif sempat mengatakan, pihaknya telah mengerahkan seluruh potensi yang ada untuk mengoptimalkan penyerapan beras hasil produksi petani di Kabupaten Merauke. "Jadi semua sudah kita lakukan, termasuk menjemput bola. Kita punya Satgas, PDB dan kita ada 16 mitra di sana kita gerakkan untuk mendorong pemasukkan beras ke Bulog," pungkasnya. 


(ABD)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /