JK Sebut Paket Kebijakan IV Fokus ke Lapangan Kerja

Husen Miftahudin    •    15 Oktober 2015 14:52 WIB
paket kebijakan ekonomi
JK Sebut Paket Kebijakan IV Fokus ke Lapangan Kerja
Wapres Jusuf Kalla. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan kembali mengumumkan paket kebijakan keempat untuk mendorong perekonomian dalam negeri yang mengalami kelesuan. Usai memberi kemudahan berinvestasi guna mendorong geliat industri pada paket kebijakan ekonomi sebelumnya, pemerintah kali ini akan berfokus pada penciptaan lapangan kerja.

"Dulu bidang industri, ini (paket kebijakan ekonomi keempat) mungkin di bidang lapangan kerja, tenaga kerja," ujar JK usai memberi kuliah umum di Universitas Trisakti, Jalan Kyai Tapa No 1, Grogol, Jakarta Barat, Kamis (15/10/2015).

Rencananya, aku JK, paket kebijakan keempat tersebut akan diumumkan di Istana Negara pada sore ini. "Nanti sore, tunggu saja sore-sore nanti," paparnya.

Pelemahan ekonomi memang membuat pelaku usaha Tanah Air melempem. Tak ayal, guna mengefisienkan produksi, para pelaku usaha terpaksa melakukan Pemutusan Hak Kerja (PHK) kepada karyawannya. Tercatat, hingga kini jumlah karyawan yang terkena PHK akibat pelemahan ekonomi sebanyak lebih dari 25 ribu orang.

Dorongan pemerintah kepada pelaku usaha melalui digulirkannya paket kebijakan dirasa tepat bagi JK agar tak melakukan PHK kepada para karyawannya. Ia mengaku, tiga paket kebijakan ekonomi sebelumnya membuat proses ekonomi nasional menjadi berjalan lebih cepat, murah, dan mudah.

"Ini kan suatu regulasi untuk supaya bagaimana proses usaha itu berjalan lebih murah dan efisien. Bagaimana proses usaha berjalan lebih mudah. Nah ini samua yang dibuat itu agar bagaimana dia lebih cepat, lebih murah, dan lebih mudah," pungkas JK.


(AHL)


Video /