Puskesmas Ramah Anak di Tangsel, Berobat Tak Lagi Menakutkan

Lukman Diah Sari    •    15 Oktober 2015 15:11 WIB
tangerang selatan
Puskesmas Ramah Anak di Tangsel, Berobat Tak Lagi Menakutkan
Pembinaan petugas Puskesmas Benda Baru di Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Foto: tangerangselatan.go.id

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Bagi anak-anak, berkunjung ke puskesmas atau rumah sakit terkadang menjadi momok yang menakutkan. Suasana seram dan tenaga medis pelit senyum antara lain menjadi sebab.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan punya cara: Program Puskesmas Ramah Anak. Tujuan program ini untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan anak. Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie berharap, dengan program itu penanganan kesehatan anak bisa lebih cepat. Ia juga ingin kesan puskesmas menakutkan hilang.

"Program ini untuk kenyamanan anak-anak selama berobat," ujar Bang Ben, panggilan akrab Benyamin, saat ditemui Metrotvnews.com, Kamis (15/10/2015).

"Apalagi saat ini sedang musim kemarau, anak-anak rentan terkena penyakit. Sehingga kami gulirkan program Puskesmas Ramah Anak," kata dia.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Listya Windyarti menyampaikan program ini jalan Kota Tangerang Selatan menuju kota layak anak.

"Pemenuhan hak anak salah satunya adalah kesehatan yang tinggi," ujar Listya.

Pemerintah juga meningkatkan pembinaan tenaga di puskesmas. Petugas puskesmas dituntut bisa melayani dan mengenal hak anak. "Supaya mereka bersikap ramah terhadap anak. Petugas kami didik semua," katanya.

Program Puskesmas Ramah Anak menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak.

Juga Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 12 Tahun 2011 tentang Indikator Kabupaten/Kota Layak Anak.

Di Puskesmas Ramah Anak ada taman bermain, ruang menyusui, dan tempat belajar. Menurut Listya, KementErian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pernah memberikan penghargaan ke Pemerintah Tangerang Selatan karena program Puskesmas Ramah Anak.


(TRK)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /