Review Mouse

ASUS ROG Gladius, Mouse Gaming Optik Kokoh Dilengkapi Suku Cadang

Riandanu Madi Utomo    •    16 Oktober 2015 10:21 WIB
review peripheral
ASUS ROG Gladius, Mouse Gaming Optik Kokoh Dilengkapi Suku Cadang
ASUS ROG Gladius

Metrotvnews.com, Jakarta: Mouse adalah salah satu senjata yang paling penting bagi seorang gamer PC. Alat kontrol paling akurat tersebut memang memiliki karakteristik khusus yang tidak dimiliki oleh alat kontrol lainnya, seperti touchpad maupun joystick.

Ia memiliki tingkat akurasi yang tinggi sehingga nyaman untuk digunakan dalam game sejenis RTS ataupun FPS, genre khas PC. Tak heran bila banyak dari produsen perangkat membuat peripheral seperti mouse yang ditujukan khusus untuk keperluan gaming.

Apa bedanya mouse biasa dan mouse gaming?

Pertama, mouse gaming biasanya didesain lebih tangguh. Tombolnya harus tahan terhadap jutaan bahkan puluhan juta klik. Hal tersebut karena gamer lebih banyak melakukan operasi klik daripada konsumen biasa. Kedua adalah performanya. Mouse gaming memiliki tingkat sensitifitas yang lebih baik daripada mouse biasa. Responnya pun lebih cepat agar penggunanya dapat merasakan feedback dengan baik di dalam game. Ketiga adalah kenyamanan. Karena bermain game bisa memakan waktu hingga belasan jam, maka tentu mouse gaming harus dirancang senyaman mungkin untuk digenggam.



Ketiga poin tersebut pun terlihat pada mouse ASUS ROG Gladius. Mouse yang menyandang nama Republic of Gamer ini merupakan mouse optik yang bagi kami adalah mouse jangka panjang. Kelebihan utama mouse ini menurut kami terdapat pada desain bodinya yang kokoh dan ergonomis. Selain nyaman digenggam, bodinya terlihat solid dan tidak mudah rusak. Di bagian pinggirnya, terdapat lapisan karet dengan kontur khas ROG yang membuat genggaman lebih kuat.

ASUS ROG Gladius juga nyaman untuk dibawa bepergian. Kabelnya dapat dilepas dari bodinya, sehingga dapat dimasukkan ke dalam tas dengan mudah. Dalam paket penjualannya, ASUS juga menghadirkan tambahan kabel cadangan dan tombol cadangan, sehingga ketika rusak Anda dapat langsung menggantinya. Hal tersebut membuat mouse ini memiliki umur yang lebih lama ketimbang pesaingnya, karena penggunanya telah diberikan suku cadang sebelumnya.



Untuk performanya, ASUS ROG Gladius tak jauh berbeda dengan mouse gaming pesaingnya. Ia telah dilengkapi sensor dengan tingkat sensitivitas hingga 6400dpi dan polling rate yang besar, yaitu hingga 2000Hz. Pengaturan DPI-nya pun sangat luas, bahkan kami dapat mengatur tingkat sensitivitas dengan selisih hingga 50dpi. Salah satu fitur yang paling kami sukai ini adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan permukaannya. Di software ASUS ROG Armoury, mouse ini dapat diatur agar sensornya mengenali permukannya secara otomatis. Hal tersebut membuat mouse ini nyaman digunakan di berbagai permukaan.



Sayangnya, fitur personalisasi pada mouse ini tergolong minim. Ia hanya mampu menyimpan profil dua pengaturan DPI. Selain itu, jumlah tombolnya pun tergolong standar (hanya 8 tombol), sehingga kurang cocok bagi Anda yang gemar bermain game MMORPG atau RTS. Meskipun demikian, fungsi tombolnya dapat diatur sesuka hati dan mouse ini juga telah dilengkapi dengan memori internal agar pengaturannya dapat dijalankan tanpa harus meng-install driver dan software terlebih dulu. Selain itu, mouse ini juga mengkompensasi hal tersebut dengan adanya fungsi makro yang tentu akan berguna bagi beberapa gamer.


 

ASUS ROG Gladius

 

8.0

  • +Nyaman dan kokoh
  • +Pengaturan DPI luas
  • +Paket penjualan disertai suku cadang
  • +Memiliki memori internal
  • -Personalisasi minim



(MMI)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /