Korsel Kembali Tahan Suku Bunga di Rekor Terendah

   •    16 Oktober 2015 09:37 WIB
korea selatan
Korsel Kembali Tahan Suku Bunga di Rekor Terendah
Ilustrasi Korea Selatan. (AFP PHOTO/Ed Jones)

Metrotvnews.com, Seoul: Bank Sentral Korea Selatan (BoK) mempertahankan suku bunga utamanya tidak berubah, dan berada di rekor terendah 1,5 persen.

Penahanan suku bunga tersebut menyuarakan kekhawatiran atas bola salju utang rumah tangga negeri Gingseng tersebut. Demikian seperti dilansir dari Xinhua, sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat (16/10/2015).

Bank sentral memotong suku bunga 25 basis poin pada Juni. Para pembuat kebijakan bank sentral telah memangkas biaya pinjaman tiga kali dalam satu tahun terakhir, mengutip mengendurnya ekspor dan dampak pelambatan ekonomi global.

"Belanja konsumen dan investasi lokal menunjukkan tanda-tanda pemulihan, tapi ekspor cenderung terus menurun," kata BOK dalam sebuah pernyataannya.

Ekspor yang memberikan kontribusi sekitar setengah dari produk domestik bruto Korea Selatan, telah berkinerja buruk sejak awal  tahun. Pengiriman telah menyusut setiap bulan, dan pelambatan di Tiongkok -negara mitra dagang terbesar- diperkirakan lebih lanjut memangkas ekonomi terbesar keempat Asia itu.

Harga minyak dunia yang rendah telah membuat inflasi melayang di bawah satu persen. Utang rumah tangga di Korea Selatan berjumlah lebih dari 615 triliun won (USD543 miliar) per September, dengan kredit perumahan meningkat pada rekor kecepatan tahun ini.

Kekhawatiran berkembang bahwa kenaikan suku bunga dapat menyebabkan gagal bayar besar dalam kredit pemilikan rumah. Pada Juli, bank sentral memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi 2015 untuk ketiga kalinya tahun ini, menjadi 2,8 persen, mengutip ekspor yang lesu dan lemahnya konsumsi dalam negeri.


(AHL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

17 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /