Rio Capella Belum Akan Ajukan Praperadilan

Achmad Zulfikar Fazli    •    16 Oktober 2015 10:46 WIB
gratifikasi bansos sumut
Rio Capella Belum Akan Ajukan Praperadilan
Patrice Rio Capella. Foto: Atet Dwi Pramadia/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Bekas Anggota Komisi III DPR Patrice Rio Capella yang kini berstatus tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi mengaku belum akan mengajukan gugatan praperadilan. Hal itu dinyatakan Rio saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK. 

"Belum (akan mengajukan praperadilan," singkat Rio di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/10/2015).

Sementara itu, Kuasa Hukum Rio, Maqdir Ismail berencana mengajukan keberatan atas penetapan tersangka kliennya. Namun, tim kuasa hukum Rio akan mendengarkan penjelasan KPK terlebih dahulu.

"Iya nanti lah (ajukan keberatannya), saya kira nanti. Kita lihat nanti, karena sampai hari ini kan kami sendiri belum tahu secara persis apa sih yang dipersangkakan ke Pak Rio. Kan baru kita baca di media bahwa terhadap Pak Rio disangkakan Pasal 12 a dan b, dan Pasal 11. Sementara Pak Gatot Pasal 5 ayat 1 sebagai pemberi dan kemudian Pasal 13. Tentu ini bisa kita perdebatkan," terang dia.

Hingga berita ini ditulis, Rio masih diperiksa penyidik KPK. Mantan politikus PAN ini diperiksa dalam kasus dana bantuan sosial (Bansos) sebagai saksi dari tersangka Gubernur Sumatra Utara, Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evy Susanti.

Diberitakan sebelumnya, Rio ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Dia diduga menerima janji, hadiah atau gratifikasi dari Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho (kini nonaktif) dan Evy Susanti terkait pengamanan penanganan perkara bantuan sosial Provinsi Sumatera Utara di Kejaksaan Tinggi Sumut atau Kejaksaan Agung.

Setelah penetapan tersebut, Rio langsung memutuskan untuk mengundurkan diri dari NasDem dan DPR. Rio dijerat dengan Pasal 12 huruf a dan b atau Pasal 11 Undang-undang 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana pemberantasan korupsi.


(KRI)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /