Data MBR Penting Guna Susun Strategi Perumahan

   •    16 Oktober 2015 11:27 WIB
properti
Data MBR Penting Guna Susun Strategi Perumahan
Ilustrasi (MI/BARY FATHAHILAH)

Metrotvnews.com, Jakarta: Data Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang dimiliki oleh masing-masing pemerintah daerah (pemda) merupakan hal penting guna menyusun strategi sektor perumahan di Tanah Air.

"Peran pemda sangatlah strategis untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan rumah bagi MBR," kata Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Maurin Sitorus, seperti dikutip Antara, di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Menurut dia, pemda lebih mengetahui profil penduduk di wilayahnya masing-masing, sehingga juga lebih dapat mendapatkan gambaran sesungguhnya jumlah masyarakat yang perlu mendapatkan bantuan dari pemerintah. Ia mengingatkan bahwa salah satu permasalahan perumahan yang sangat mendasar bagi masyarakat khususnya MBR adalah masalah keterjangkauan harga.

Selain itu, lanjutnya, berdasarkan kajian Bank Dunia hanya sekitar 20 persen penduduk di perkotaan yang dapat menjangkau harga rumah di pasaran. Sementara sebanyak 40 persen rumah tangga di Indonesia tidak dapat menjangkau rumah dengan harga dasar.

"Hal ini menjadi kewajiban pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam upaya untuk mewujudkan hak warga negara atas standar hidup yang layak, termasuk kebutuhan akan perumahan," jelas Maurin.

Dirjen Pembiayaan Perumahan ini juga mengatakan peran pemda lainnya adalah melalui kewenangan dalam mengendalikan pemanfaatan lahan melalui regulasi-regulasi yang diterbitkan. Hal tersebut antara lain dengan pemda yang dapat mengeluarkan sejumlah standard harga bangunan di daerahnya masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi lokal.

Selain itu, peran pemerintah daerah juga diminta dapat memaksimalkan terkait permasalahan tanah yang dibutuhkan guna mewujudkan program sektor perumahan. "Dengan adanya otonomi daerah maka saya berharap pemda dapat memaksimalkan perannya untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan tanah," pungkasnya. 


(ABD)

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini
Liga Champions 2017--2018

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini

20 minutes Ago

Pertandingan lanjutan penyisihan grup Liga Champions musim ini kembali digelar, Rabu 22 Novembe…

BERITA LAINNYA
Video /