Pilkada Serentak, Kabupaten Nias Selatan Dinilai Paling Rawan

Achmad Zulfikar Fazli    •    16 Oktober 2015 16:12 WIB
pilkada serentak
Pilkada Serentak, Kabupaten Nias Selatan Dinilai Paling Rawan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Rivan Awal Lingga/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah telah memetakan lokasi rawan pada pemilihan kepala daerah serentak tahun ini. Kabupaten Nias Selatan menempati rangking tertinggi daerah terawan.  

"Tingkat paling rawan sementara di Kabupaten Nias Selatan. Ini kita anggap bisa potensi," kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam pertemuan dengan sejumlah petinggi parpol, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (16/10/2015).

Namun, kata dia, tingkat kerawanan ini masih dalam tingkatan wajar. Dia yakin aparat keamanan dapat mengatasi segala kerawanan yang berpotensi timbul dalam pilkada serentak. "Pengamanan kita yakin masih mampu untuk kendalikan dengan baik," tukas dia.

Terkait tiga daerah yang akan menggelar pilkada dengan pasangan calon tunggal, yakni Kabupaten Blitar, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Tasikmalaya, politikus Partai Golkar ini menegaskan, TNI dan Polri sudah dapat bergerak melakukan pengamanan di daerah tersebut.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menambahkan Kabupaten Nias Selatan selalu menjadi daerah rawan tiap kali penyelenggaraan pilkada. Menurut Badrodin, suhu politik di daerah tersebut cenderung selalu tinggi. Efeknya potensi kerusuhan pun tak pernah mengalami tren penurunan. 

"Memang dari pengalaman saya paling rawan Nias Selatan mau Pilkada atau pemilu presiden," ujar Badrodin. 

Atas hal tersebut, dia memastikan pihaknya akan meningkatkan pengamanan di daerah tersebut. "Ini menjadi atensi serius kami," tegas mantan Kapolda Sumatera Utara ini. 



(KRI)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

19 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /