Aliansi Buruh Yogyakarta Tolak Rumus Penentuan Upah Baru

Patricia Vicka    •    16 Oktober 2015 18:30 WIB
buruhupah
Aliansi Buruh Yogyakarta Tolak Rumus Penentuan Upah Baru
Ilustrasi. Foto: Antara/Irsan Mulyadi

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) menolak keras rumusan penentuan upah minumum provinsi (UMP) yang baru saja diumumkan pemerintah.

Sekjen ABY, Kirnadi, menilai rumusan baru tersebut adalah cara pemerintah menghambat kenaikan upah buruh. "Kami menolak paket kebijakan baru Jokowi. Rumusan terbaru soal upah menjadi upaya melanggengkan upah murah buruh di Indonesia," ujar Kirnadi melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Jumat (16/10/2015).

Pasalnya, rumusan penentuan upah tersebut tidak sesuai dengan laju inflasi dan peningkatan kebutuhan pekerja di lapangan. Kirnadi melanjutkan laju inflansi dan pertumbuhan ekonomi yang dipakai pemerintah bukan berdasarkan harga riil kebutuhan pokok di daerah.

"Kalau dihitung pakai rumusan Jokowi, kenaikan upah di DIY tak sampai sepuluh persen, mungkin sekitar tujuh persen. Padahal, kenyataan di lapangan kebutuhan dan inflansinya lebih tinggi," tuturnya.

Ia mencontohkan harga elpiji tiga kilogram ditetapkan pemerintah sebesar Rp15.500, namun kenyataannya di lapangan harganya bisa mencapai Rp25.000.

Para buruh berharap pemerintah merumuskan pengupahan menggunakan metode survei pasar dan memenuhi beberapa jenis kebutuhan hidup layak (KHL). "Pemerintah baru mengabulkan 60 dari 83 item KHL yang kami minta. Sebaiknya penentuan upah minumum didasarkan pada metode survei pasar dan mengabulkan 83 item KHL yang kami minta," kata dia.

Pemerintah mengumumkan rumusan UMP dalam paket kebijakan jilid IV. Rumusan kenaikan UMP adalah upah minumum sekarang ditambah persentase kenaikan inflansi dan ditambah dengan pertumbuhan ekonomi setiap tahun.


(UWA)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

6 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /