Pertumbuhan Ekonomi Jabar Diklaim akan Membaik

Jaenal Mutakin    •    16 Oktober 2015 18:33 WIB
ekonomi daerah
Pertumbuhan Ekonomi Jabar Diklaim akan Membaik
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. (FOTO: ANTARA/Teresia May)

Metrotvnews.com, Bandung: Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Deddy Mizwar mengklaim pertumbuhan ekonomi pada semester II-2015 akan membaik karena didukung konsistensi pemerintah dalam mendorong realisasi proyek-proyek infrastruktur.

Demikian disampaikan Deddy saat mendampingi kunjungan kerja DPR RI Komisi XI, dalam acara pengawasan dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI), Jalan Braga Nomor 108, kota Bandung, Jumat (16/10/2015).

"Infrastuktur menjadi pilar utama pembangunan ekonomi di Jabar, yang juga mendukung ekonomi kerakyatan. Strategi utama Jabar mengembangkan pusat pertumbuhan ekonomi baru, yakni mendorong partisipasi usaha pembangunan infrastruktur," ujar pria yang kerap disapa Demiz itu.

Menurut data BI, pertumbuhan ekonomi 2015 mencapai 4,7-5,1 persen dengan inflasi 4,0 +/-1 persen. Sementara itu, prospek pertumbuhan ekonomi Jawa Barat di akhir 2015 diperkirakan pada kisaran 4,8-5,2. Perkiraan tersebut lebih rendah dari proyeksi sebelumnya di kisaran 5,2-5,6 persen.

Dia menambahkan, kendala pada strategi yang dicanangkan tersebut di antaranya birokrasi yang masih belum efisien dan efektif, masih rendahnya sarana pendukung pembangunan, hingga regulasi terkait yang belum optimal.

"Maka untuk menjawab tantangan perekonomian tersebut, di 2015 ini diperlukan upaya seperti mendorong laju ekonomi kabupaten/kota, pengendalian jumlah penduduk, penyediaan lapangan kerja, regulasi perizinan yang probisnis, peningkatan ekonomi kreatif, intensifikasi produksi, pengolahan hasil, peningkatan eksplorasi sumber energi alternative, peningkatan CSR sinergitas pembangunan, peningkatan daya saing kerja," jelas dia.

Kemudian, lanjutnya, pada triwulan III-2015, diperkirakan sektor industri pengolahan yang memiliki kontribusi 43 persen terhadap perekonomian Jawa Barat tumbuh kisaran 3,6 persen.

Sektor perdagangan besar dan eceran yang memiliki kontribusi 16 persen terhadap perekonomian Jawa Barat, diperkirakan tumbuh pada kisaran 4,1-4,5 persen. Sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan yang memiliki kontribusi sembilan persen terhadap perekonomian Jawa Barat diperkirakan tumbuh pada kisaran 1,6-2,0 persen.


(AHL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /