Alasan Palembang Jadi Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia

Deny Irwanto    •    16 Oktober 2015 20:03 WIB
pangan
Alasan Palembang Jadi Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian Republik Indonesia akan menggelar peringatan Hari Pangan Sedunia ke-35 pada Sabtu 17 Oktober hingga 20 Oktober 2015. Peringatan tersebut akan digelar di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam memperingati hari pangan sedunia yang ke-35 ini, Kementerian Pertanian memberikan tema acara "Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan". Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, alasan digelarnya peringatan Hari Pangan Sedunia di Palembang ini lantaran daerah tersebut dinilai memiliki kontribusi baik dalam mempertahankan produksi beras ke seluruh Indonesia.

"Karena akselerasi percepatan pertambahan produksi (pangan) itu tertinggi di Indonesia. Pangan termasuk palawija, jadi sudah wajar ditempatkan di sini perayaannya. Ditambah lagi sudah tahu bahwa kita surplus beras 1,3 juta ton pertahun sudah sejak beberapa tahun yang lalu," kata Alex di kawasan Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat (16/10/2015).

Alex menegaskan, surplus produksi beras Palembang akan bertambah lagi setiap tahunnya. Atas surplus tersebut, kata dia, Palembang bisa menjaga kebutuhan beras di Indonesia.

"Dan tahun ini ditambah lagu subjeknya. Artinya kontribusi Sumatera Selatan untuk menjaga ketahanan pangan Indonesia dengan kontribusi 1,3 juta ton beras pertahun itu luar biasa," pungkas Alex.


(OGI)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /