Tim SAR Fokus Cari Helikopter di Porsea-Balige

Yogi Bayu Aji    •    16 Oktober 2015 20:40 WIB
helikopter hilang kontak
Tim SAR Fokus Cari Helikopter di Porsea-Balige
SAR melakukan proses pencarian hilangnya Helikopter Eurocopter EC-130 di perairan Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara, Senin (12/10). ANTARA FOTO/Dhev Bakkara

Metrotvnews.com, Medan: Tim SAR gabungan TNI AD, TNI AL, Polri dan Basarnas memfokuskan pencarian helikopter tipe EC-130 PK- BKA yang hilang, di perairan Porsea-Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Ratusan personel dikerahkan dalam pencarian di wilayah ini.

"Penyisiran pada hari ini di daerah perairan Toba Samosir," kata Kapendam I/Bukit Barisan Kol Inf Enoh Solehuddin yang dihubungi dari Medan, Jumat (16/10/2015).

Pada hari-hari sebelumnya, menurut dia, pencarian juga difokuskan di wilayah perairan  Nainggolan dan Onan Runggu, Kabupaten Samosir. "Pencarian di Porsea dan Balige itu, masih berada dalam kawasan Danau Toba, serta tim SAR mengerahkan 17 unit kapal," kata Enoh.

Kapendam menambahkan, Kodam I/BB  mengerahkan sebanyak 500 prajurit TNI AD. Mereka berasal dari Batalyon 122/Tombak Sakti, Batalyon 125/Simbisa, Batalyon 123/Rajawali, personel Kodim 0210/Tapanuli Utara, Korem 023/Kawal Samudera, dan Kodim 0207/ Simalungun Korem 022/Pantai Timur.

Dia menjelaskan, kabut asap masih menyelimuti kawasan Danau Toba. Namun, hal tersebut  tidak menyurutkan semangat prajurit TNI maupun Polri mencari empat lagi penumpang yang belum ditemukan. "Pencarian yang yang memasuki hari ke-5 ini, masih tetap semangat dilakukan tim SAR gabungan tersebut," jelas dia.

Sebelumnya, penumpang helikopter yang selamat, Fransiskus Subihardayan, 22, warga Dusun Tegal Bojan, Sleman, Yogyakarta, ditemukan tim SAR gabungan Selasa 13 Oktober pukul 13.00 WIB  di sela-sela tanaman eceng gondok di perairan Danau Toba. Lokasi tersebut berada di Desa Sitinjak atau sekitar lima mil dari Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir.

Insiden bermula ketika helikopter milik PT Penerbangan Angkasa Semesta (PAS) terbang Minggu 11 Oktober sekitar pukul 11.00 WIB dari Sihotang, Kabupaten Samosir tujuan Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang. Jika tidak ada halangan, helikopter yang dikemudikan pilot Teguh Mulyatno akan tiba di Bandara Kualanamu pada pukul 12.23 WIB.

Namun ternyata helikopter dengan tipe EC-130 PK-BKA yang diisi teknisi Heri Purwantono dan tiga penumpang Nurhayanto, Sugianto, dan Fransiskus Subihardayan hilang kontak sebelum tiba di Bandara Kualanamu. Berdasarkan laporan masyarakat, helikopter tersebut terlihat Minggu 11 Oktober pada pukul 14.30 WIB  dan berputar-putar di sekitar wilayah Tarabunga, 15 Km dari Silangit. (Antara)

 


(OGI)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

22 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /