Kisah Pendaki Selamat dari Kepungan Api di Gunung Lawu

Yogi Bayu Aji    •    19 Oktober 2015 06:41 WIB
kebakaran gunung
Kisah Pendaki Selamat dari Kepungan Api di Gunung Lawu
Pendaki melintas kawasan hutan yang telah terbakar di sekitar Puncak Gunung Lawu yang berada di wilayah perbatasan Jateng dan Jatim, Rabu (14/10). ANTARA FOTO/Siswowidodo

Metrotvnews.com, Magetan: Salah satu pendaki yang selamat dari kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu Dita Kurniawan menyatakan ia dan teman-temannya terjebak api saat hendak menuruni gunung. Menurut dia, di antara pos 3 dan pos 4 jalur pendakian Cemoro Sewu, Magetan, tiba-tiba ada kobaran api yang membakar ilalang dan pohon di sekitar jalur.

"Percikan api sempat mengenai jaket yang saya pakai. Beruntung saya bisa menyelamatkan diri dengan berlindung di balik bebatuan besar sehingga tidak terbakar," ungkap Dita kepada wartawan, di Magetan, Minggu (18/10/2015).

Kemungkinan, kelima pendaki Gunung yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah yang dikabarkan tewas tersebut tidak berhasil menyelamatkan diri saat terjebak api yang mengenai pakaian mereka. Terlebih selain korban tewas, juga terdapat sejumlah pendaki yang kritis akibat luka bakar.

"Selain ada pendaki yang meninggal, ada juga pendaki yang kritis akibat luka bakar. Mereka yang luka dan berhasil dievakuasi langsung dibawa ke rumah sakit," kata pendaki asal Magetan ini.

Sejak dua pekan terakhir, kebakaran kembali melanda hutan di lereng Gunung Lawu. Kebakaran tersebut merupakan kebakaran yang kedua kalinya selama musim kemarau setelah kebakaran hutan melanda lereng setempat pada Agustus 2015 lalu.

Perhutani KPH Lawu Ds, Pemkab Magetan hingga kini masih berupaya mengevakuasi terhadap para korban, baik korban tewas maupun luka. Petugas berwenang juga belum mengetahui jumlah pasti pendaki yang menjadi korban atas peristiwa tersebut, berikut identitasnya. (Antara)


(OGI)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

4 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /