Hati-hati, Rupiah Diperkirakan Kembali Melemah

Dian Ihsan Siregar    •    19 Oktober 2015 08:37 WIB
kurs rupiah
Hati-hati, Rupiah Diperkirakan Kembali Melemah
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/ZABUR KARURU

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak rupiah terhadap dolar AS atau USD akhirnya mengalami pelemahan di akhir pekan kemarin, di tengah harapan masih akan berlanjutnya tren penguatan lanjutan rupiah.

"Sentimen datang dari kenaikan inflasi inti AS yang diikuti penurunan klaim pengangguran dirasakan positif oleh laju USD, sehingga mampu berbalik naik dari pelemahan dalam beberapa waktu terakhir. Dengan penguatan laju USD tersebut, Rupiah pun akhirnya mengalami pelemahan, kata Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam keterangan risetnya yang ‎diterima Metrotvnews.com‎, Senin (19/10/2015).

Apalagi, sebut Reza, laju penguatan Rupiah sudah banyak mengalami kenaikan, sehingga mulai berkurang penguatannya cenderung bergerak melemah. Pelemahan ini pun turut didukung dengan pelemahan sejumlah mata uang, seperti indeks kurs EUR-USD, GBP-USD dan AUD-USD. Begitupun dengan indeks kurs USD-JPY, USD-CNY, USD-KRW, USD-HKD, dan lainnya.

Sebelumnya sudah diberitahukan, masih melemahnya laju indeks USD dapat membantu Rupiah untuk dapat bertahan positif, dan Reza pun berharap penguatan dapat berlanjut seiring masih melemahnya indeks USD. Mulai adanya pembalikan arah, dikhawatirkan dapat memberikan peluang kembali terjadinya pelemahan. Pelaku pasar dimungkinkan akan kembali melepas rupiah dan kembali beralih ke USD.

"Mengingat penurunan yang telah terjadi dalam beberapa hari terakhir," ungkap Reza.

‎Meski demikian, investor tetap harus mewaspadai kondisi riil lapangan dan mencermati sentimen di pasar.‎ "Dalam satu hari ini laju rupiah akan berada di level Rp13.550-Rp13.525 per USD (kurs tengah BI)," sebutnya.


(AHL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /