Di Cirebon, Ada Desa yang Belum Teraliri Listrik

Ahmad Rofahan    •    19 Oktober 2015 12:45 WIB
listrik
Di Cirebon, Ada Desa yang Belum Teraliri Listrik
Satimi, memegang lentera ala kadarnya karena tak ada listrik di rumahnya. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Puluhan rumah di Desa Panguragan Lor, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat belum teraliri listrik. Padahal, perkampungan tersebut sudah ada sejak puluhan tahun silam.

Satimi, 71, warga Blok 1 Desa Panguragan Lor mengaku belum pernah merasakan aliran listrik di rumahnya. Padahal, rumahnya tersebut sudah dibangun sejak 50 tahun lalu. Dia sempat mengajukan pemasangan listrik ke PT PLN, namun tidak terealisasi juga.

“Pernah sudah bayar Rp2 juta, tapi tidak dipasang-pasang. Jadi uangnya saya ambil lagi, tapi cuma dikembalikan Rp1,7 juta saja,” kata Satimi, Senin (19/10/2015).

Saat ini, Satimi bersama suaminya, Ahid, 72, hidup dalam kegelapan. Lampu minyak yang ia nyalakanpun hanya dipasang di depan rumah saja. Ia khawatir, lampu minyak tersebut tersenggol dan mengakibatkan kebakaran.

“Mata kami sudah tidak awas lagi, jadi khawatir lampu minyaknya tersenggol,” kata Satimi.

Selain Satimi, warga lain di Blok 1 Desa Panguragan, yakni Suharto, mengatakan selama puluhan tahun menempati rumah warisan orangtuanya itu belum pernah merasakan aliran listrik. Dan tak hanya dia, diakunya, puluhan warga lain juga banyak yang belum memiliki listrik.

“Kalau dihitung, di Desa Panguragan Lor Blok 1 saja lebih dari 15 rumah yang belum memilik listrik. Kalau satu desa ya mungkin bisa lebih dari 50 rumah yang belum punya listrik sendiri,” ujar Suharto.

Baik Satimi, Suharto, maupun puluhan warga Desa Panguragan Lor lainnya sangat mengharapkan bantuan pemasangan listrik gratis dari pemerintah, supaya bisa merasakan listrik yang selama bertahun-tahun mereka idamkan.


(SAN)


Liverpool Gagal Total Membunuh Roma
Leg I Semifinal Liga Champions 2017--2018

Liverpool Gagal Total Membunuh Roma

1 hour Ago

Gelandang AS Roma Alessandro Florenzi menilai kekalahan dari Liverpool pada leg pertama semifin…

BERITA LAINNYA
Video /