1 Tahun Jokowi-JK

Penilaian Fraksi NasDem untuk Satu Tahun Jokowi-JK

Githa Farahdina    •    19 Oktober 2015 15:54 WIB
1 tahun jokowi-jk
Penilaian Fraksi NasDem untuk Satu Tahun Jokowi-JK
Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 19 Oktober 2015. Antara Foto/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Fraksi Partai NasDem menilai kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla selama satu tahun. Secara keseluruhan, Fraksi NasDem menilai kinerja pemerintahan ini relatif baik.

"Di bidang ekonomi, saat di mana terjadi pelemahan ekonomi dunia dan tekanan nilai tukar yang luar biasa, Indonesia masih bisa bertahan dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi positif pada kisaran 4,7 persen," kata Wakil Ketua Fraksi NasDem Johnny G Plate, Senin (19/10/2015).

Ukuran makro ekonomi seperti Cadev, neraca perdagangan tingkat inflasi, GDP pun terbilang baik. Hal ini bisa menciptakan kepercayaan internasional akan daya tahan ekonomi Indonesia.

"Pemerintah juga mengeluarkan empat paket kebijakan ekonomi yang juga bertujuan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan menciptakan lapangan pekerjaan dan daya beli untuk mendorong konsumsi domestik," ujar anggota Komisi XI ini.

Sementara di bidang politik, hukum, dan keamanan, pemerintahan Jokowi-JK menunjukkan banyak kemajuan. Dia menilai penegakan hukum di era Jokowi berlangsung tanpa kompromi.

Namun pemerintahan Jokowi harus menghadapi kabut asap, yang menjadi persoalan sulit. Namun, kunjungan Presiden ke lokasi kebakaran hutan merupakan langkah positif. Pemerintah tampak berupaya untuk menuntaskan persoalan asap.

"Ini suatu komitmen yang kuat. Kami harapkan bisa segera teratasi baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang," katanya.

Di bidang kesejahteraan, pemerintah punya banyak program prorakyat seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Keluarga Sejahtera, Kartu Indonesia Sehat, dan bantuan sosial.

Menurutnya, duet Jokowi-JK juga mampu menjaga dinamika politik dalam negeri. "Ini salah satu pencapaian yang menonjol pada tahun pertama masa bakti Presiden dan Wapres," ujarnya.


(TRK)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /