Gobel Kritik Pelonggaran Labelisasi Impor

Dian Ihsan Siregar    •    19 Oktober 2015 15:57 WIB
deregulasi
Gobel Kritik Pelonggaran Labelisasi Impor
illustrasi. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak hanya mengkritisi barang elektronik impor ilegal yang banyak menguasai pasar Indonesia.‎ Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel pun mengkritik langkah Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang melonggarkan ketentuan wajib label berbahasa Indonesia. ‎Mengapa kebijakan Kemendag yang melonggarkan ketentuan wajib label berbahasa Indonesia perlu dikritisi?

Dia menekankan, kebijakan itu memberikan sentimen negatif, seperti membuat pasar domestik diserbu barang impor. Pada akhirnya, industri nasional terpukul lebih dalam.

"Aturan labelisasi yang dihapus, itu harus dievaluasi. Jangan sampai aturan itu dihapus memberi kemudahan bagi importir," tutur Gobel ditemui dalam 'Rapat Kerja Nasional Kadin Indonesia bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional' di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Senin (19/10/2015).

Dengan adanya penghapusan labelisasi, dia menekankan, semua asosiasi harus membicarakan hal tersebut. Sebab, ada kekhawatiran pelaku industri dalam negeri menutup usaha yang dijalankannya.

"Hal itu juga akibat kebijakan pemerintah yang kurang melindungi produk dalam negeri. Kalau semua dikasih relaksasi, nanti semua jadi importir, jadi tidak ada yang mau bikin industri dalam negeri," jelas Gobel.

‎Dia mengharapkan, pemerintah bisa menjaga pasar domestik dari gempuran barang impor. Apalagi, saat ini ekonomi dalam negeri sedang menurun yang dampaknya sangat terasa bagi industri nasional.

Perlu diketahui, Mendag Thomas Lembong resmi mengumumkan paket deregulasi dari Kemendag pada 29 September 2015. Salah satu isi dari paket tersebut terkait pelonggaran ketentuan wajib label berbahasa Indonesia untuk barang impor. Pelonggaran itu diberlakukan sejak 1 Oktober 2015.



(SAW)

Milan Resmi Pinjamkan Bacca ke Villarreal
Bursa Transfer Pemain

Milan Resmi Pinjamkan Bacca ke Villarreal

58 minutes Ago

Dalam kesepakatan transfer itu, Bacca dipinjamkan selama semusim penuh. Villarreal menebus 2,5 …

BERITA LAINNYA
Video /