Setahun, Kementerian ESDM Catat Banyak Perubahan

Annisa ayu artanti    •    19 Oktober 2015 15:59 WIB
kementerian esdm
Setahun, Kementerian ESDM Catat Banyak Perubahan
Menteri ESDM Sudirman Said (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat telah banyak perubahan yang dilakukan di sektor energi menjelang satu tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Banyak keputusan mendasar atau fundamental yang telah dilakukan selama pemerintahan Jokowi-JK ini. 

Menteri ESDM Sudirman Said menjelaskan, keputusan tersebut seperti mulai dari meluruskan subsidi, melakukan efisiensi supply chain, likuidasi Pertamina Trading Limited Energi atau Petral, proyek 35 ribu megawatt, sampai pembersihan beberapa praktik kotor di masa lalu seperti kasus TPPI.

"Tidak pernah dalam sejarah pengolahan energi bisa mengambil keputusan fundamental dibidang energi mulai meluruskan subsidi, kemudian melakukan efisiensi supply chain dengan melikuidasi Petral, menata sektor supaya praktik kotor di masa lalu bisa dibereskan," kata Sudirman, ditemui di Gedung DPR, usai melakukan rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Jakarta, Senin (19/10/2015).

Lebih dari itu, Sudirman tidak menampik meski ada beberapa program jangka pendek yang belum terealisasi dalam satu tahun Pemerintahan Jokowi-JK namun hal itu adalah suatu tantangan tersendiri yang perlu segera diselesaikan.

"Walaupun ada hal jangka pendek yang belum diselesaikan, misalnya, konversi, itulah tantangan kita," kata Sudirman.

Kendati demikian, Sudirman menegaskan, keputusan fundamental di satu tahun yang telah dilakukan ini akan memberikan pengaruh besar bagi penguatan ekonomi jangka panjang. Seperti pembubaran Petral dan membereskan TPPI.

"Keputusan fundamental setahun terakhir, dan itu saya sangat yakin besar pengaruhnya pada penguatan ekonomi jangka panjang. Jadi dari mulai Petral dibereskan, subsidi dibereskan, TPPI dibereskan, listrik dibereskan, memang dampaknya belum sekarang tapi dalam jangka panjang besar sekali dampaknya," tutup dia.


(ABD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

23 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /