Jepit Rambut untuk Penyandang Disabilitas, Ubah Suara Jadi Getaran

Lufthi Anggraeni    •    19 Oktober 2015 16:55 WIB
teknologi
Jepit Rambut untuk Penyandang Disabilitas, Ubah Suara Jadi Getaran
Ontenna, jepit rambut untuk penyandang disabilitas pendengaran.

Metrotvnews.com: Sekilas tampak layaknya jepit rambut biasa, namun penghias rambut bernama Ontenna ini juga dilengkapi kemampuan khusus untuk penderita disabilitas pendengaran.

Dikembangkan Tatsuya Honda, desainer antarmuka pengguna asal Jepang, Ontanna dapat menyampaikan karakter suara di sekitar pengguna melalui cahaya dan getaran.

Ontanna dapat menerjemahkan suara dalam kisaran 30dB hingga 90dB ke dalam 256 level getaran dan cahaya berbeda. Pola dan kualitas suara dapat diekspresikan melalui getaran dan cahaya.

Melalui jepit rambut ini juga, ritme, pola, kekerasan dan kualiyas suara dapat disampaikan kepada pengguna. Pengguna dengan disabilitas pendengaran hanya perlu menjepitkan perangkat di rambut untuk dapat merasakan suara yang sebelumnya tidak dapat didengarkan.

Honda masih belum memutuskan untuk memproduksi jepit rambut ini dalam jumlah besar, dan menyebut tidak menutup peluang untuk kerjasama bisnis di masa mendatang. Honda juga berharap Ontenna dapat segera dimanfaatkan oleh penyandang disabilitas pendengaran.

Honda juga menyebut, bertujuan untuk menghadirkan Ontenna pada Deaflympic yang akan diselenggarakan pada 2021. Meski tidak setenar Paralympics, Deaflympic merupakan ajang serupa Olympic Games untuk penyandang disabilitas pendengaran.


(ABE)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

9 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /