FFI 2015 Terapkan Sistem Penjurian Lifetime Membership

Agustinus Shindu Alpito    •    19 Oktober 2015 17:19 WIB
ffi (festival film indonesia)
FFI 2015 Terapkan Sistem Penjurian Lifetime Membership
Panitia FFI 2015 (Foto:Antara/Teresia May)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini diterapkan sistem penjurian berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu FFI Lifetime Membership.

"Kita membuat tradisi baru, FFI Lifetime Membership, yaitu nominee (calon) dari FFI tahun 2014, sampai seterusnya akan jadi bagian dari juri. Setiap tahun ada sekitar 110 orang nominee. Mereka semua akan vote di tahap kedua. Mereka punya hak eksklusif untuk menjuri di tahap kedua," jelas  ketua pelaksana FFI 2015, Olga Lydia, dalam jumpa pers di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/10/2015).

Olga menerangkan bahwa sistem keanggotaan dewan juri tetap bukan hal baru di dunia apresiasi sinema. Academy of Motion Picture Arts and Science, pihak yang menggelar Piala Oscar, sudah melakukan hal serupa lebih dulu.

"Hak eksklusif diberikan untuk voting tahap kedua. Ke depannya akan bertambah banyak anggota Lifetime Membership dan akan lebih kredibel," kata Olga.

Olga mengakui, cukup sulit mencari juri yang tepat. Pasalnya, para sineas cukup produktif, sehingga sulit mencari sineas dalam tahun ini yang tidak merilis karya.

Hal itu sangat dipikirkan untuk menjaga independensi penjurian. Olga tak menampik bahwa ada juri yang terlibat di FFI tahun ini, yang filmnya juga masuk dalam kompetisi.

"Pertama, juri harus prominent, harus mampu. Kita berusaha tidak ada juri yang karyanya juga masuk ke FFI, tapi itu sulit. Kami kesulitan mencari orangnya. Kedua, orangnya mau atau tidak. Ada beberapa juri yang filmnya masuk FFI tahun ini," imbuhnya.

Dengan adanya Lifetime Membership, Olga berharap proses penilaian akan lebih kredibel, karena tidak ada lagi kasus kesulitan mencari juri. FFI juga menggandeng akuntan publik guna menjaga kredibilitas dalam mengelola penilaian para juri.

Festival Film Indonesia 2015 akan diselenggarakan pada 21 November 2015, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. FFI tahun ini mengangkat tema sumbangsih Teguh Karya dalam perfilman Indonesia.


(ROS)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

8 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /