Novanto, Fadli, dan Fahri Ditegur MKD

Githa Farahdina    •    19 Oktober 2015 17:23 WIB
donald trump
Novanto, Fadli, dan Fahri Ditegur MKD
Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Surahman Hidayat dari PKS--MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga pimpinan DPR mendapat teguran dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Mereka yang ditegur masing-masing Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, dan Fahri Hamzah. Ketiganya dinilai melanggar kode etik, namun ringan.

"MKD memutuskan memberikan teguran agar lebih hati-hati dalam menjalankan tugas, titik," kata Ketua MKD Surahman Hidayat di ruangannya, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/10/2015).

Setya Novanto dan Fadli Zon mendapatkan teguran lantaran kasus Donald Trum. Sementara Fahri mendapatkan sanksi dalam kasus bicara di depan publik.

Sayangnya, Surahman tak menjawab tegas bagian mana yang dilanggar tiga petinggi parlemen itu. Ia bahkan terkesan mengawang-awang saat menjawab apakah teguran itu disampaikan lisan atau melalui surat.

"Bagaimana, yang satu Jenewa, yang satu ke mana, yang satu ke mana. Tapi teguran itu disampaikan tepat," kilah Surahman.

Keanehan kembali muncul ketika wartawan meminta Surahman menjelaskan satu saja indikator yang membuat Novanto dan Fadli melanggar kode etik. Wartawan memancing apakah dengan jawaban "Yes, Highly," ketika ditanya apakah masyarakat Indonesia menyukai Donald.

"Yes, highly, sebagian orang bilang kurang tepat. Sebagian orang bilang itu seni berbahasa. Ke depan dalam bertugas, jangan jalan-jalan tanpa tugas. Harus hati-hati membawa nama besar," terang Surahman.

Dari segi anggaran pun keduanya dinilai tidak melanggar. Mereka beraktivitas di luar tugas dengan dana sendiri.

Surahman juga membantah adanya perbedaan pendapat soal pemeriksaan Novanto dan Fadli yang terkesan diam-diam, Kamis 15 Oktober. Keterangan keduanya pun dipakai dalam mengambil keputusan hari ini.

Menurutnya, perbedaan pendapatan hanya perdebatan dalam tata beracara. Perbedaan pendapat dianggap wajar. Toh, yang terpenting adalah hasil akhirnya.


(YDH)

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar
Neymar ke PSG

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar

29 minutes Ago

Bahkan PSG harus bertanggung jawab atas kompensasi Neymar ke Barcelona…

BERITA LAINNYA
Video /