Pelajar SMK di Tegal Ciptakan Printer 3 Dimensi

Kuntoro Tayubi    •    19 Oktober 2015 23:29 WIB
pendidikan
Pelajar SMK di Tegal Ciptakan Printer 3 Dimensi
Mesin printer CNC milik siswa SMK YPT Kota Tegal. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: Melalui ide kreatif dan tangan-tangan terampil, sebuah mesin serupa printer tiga dimensi berhasil diciptakan pelajar SMK Yayasan Peguruan Tekhnologi Kota Tegal, Jawa Tengah. Mesin tersebut dapat menghasilkan desain gambar yang dicetak di media kayu.

Selain kayu, mesin tersebut dapat mencetak gambar yang dirancang pada komputer dan menembus gambar yang diinginkannya pada logam. Mesin tersebut diberi nama Computer Numeric Control (CNC). Mesin ini memiliki kelebihan mencetak gambar mirip dengan aslinya.

Andri, siswa SMK YPT mengaku mesin ciptaannya itu dapat menghasilkan ukiran pada kayu dan logam jauh lebih baik dan halus dari mesin lainnya. "Boleh dibandingkan, mesin CRC temuan kami tidak kalah dengan mesin buatan pabrikan," kata Andri, kepada Metrotvnews.com, di sekolahnya, Senin (19/10/2015).

Kepala SMK YPT Kota Tegal, Solechin, mengatakan mesin hasil ciptaan anak didiknya sudah banyak dipesan. Pemesan banyak meminta wajah mereka dilukis pada kayu. “Selain mendatangkan pundi rupiah, mesin ini menjadi sarana promosi sekolah,” katanya.


(UWA)


Conte Sadar Diri, Tegaskan Timnya <i>Underdog</i> Lawan Barcelona
Jelang Chelsea vs Barcelona\

Conte Sadar Diri, Tegaskan Timnya Underdog Lawan Barcelona

39 minutes Ago

Manajer Chelsea, Antonio Conte menegaskan timnya menghadapi laga leg pertama babak 16 besar Lig…

BERITA LAINNYA
Video /