KPU Kota Tangsel Sebut Tak Ada Badan Usaha Jadi Penyumbang Dana Kampanye

Arga sumantri    •    20 Oktober 2015 01:33 WIB
pilkada serentak
KPU Kota Tangsel Sebut Tak Ada Badan Usaha Jadi Penyumbang Dana Kampanye
Ilustrasi Pemilihan Kepala Daerah - ANT/Irsan.

Metrotvnews.com, Tangerang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota tangerang Selatan telah menerima laporan resmi penerimaan dana sumbangan kampanye tiga pasangan calon Kepala Daerah Kota Tangerang Selatan. KPU Tangsel mendapati tak ada kelompok, atau badan usaha yang menjadi donatur pada tiga pasangan calon peserta Pilkada Tangsel, 9 Desember nanti.

“Penyumbang dana tidak ada yang berasal dari perusahaan. Semua penyumbang merupakan perseorangan, masih tergabung dalam tim pemenangan masing-masing pasangan calon,” kata Komisioner KPU Tangsel, Bambang Dwitoro saat ditemui Metrotvnews.com di Kantor KPU Tangsel, BSD, Serpong, Tangsel, Banten, Senin (19/10/2015) petang.

Dwitoro memastikan tak ada penyumbang dana kampanye pasangan calon yang melanggar aturan. Semua penyumbang kata dia sesuai dengan batas besaran sumbangan dana kampanye bagi tiap pasangan calon.

"Tidak ada yang melebihi aturan dana sumbangan kampanye dari perseorangan yang besarannya maksimal Rp50 juta," ungkap Bambang.

Data yang di rilis KPU Tangsel, jumlah total besaran penerimaan dana kampanye yang dilaporkan masing-masing calon cukup beragam. Pasangan calon nomor urut satu (Ikhsan-Li Claudia) melaporkan total penerimaan dana sumbangan kampanye sebesar Rp410 juta. Sementara pasangan Arsid-Elvier, sebesar Rp1,566 milyar, sedangkan pasangan calon nomor urut tiga (Airin-Benyamin) melaporkan penerimaan sumbangan dana kampanye dengan total Rp1,5 Miliar.

Sebagaimana Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2015, jumlah maksimal dana biaya kampanye bagi masing-masing pasangan calon dipatok maksimal Rp17,2 miliar. Setiap kandidat dilarang merogoh kocek lebih dari ambang batas itu.

“Bagi pasangan calon yang mengeluarkan dana melebihi batas maksimal bisa diberikan sanksi berupa pembatalan pasangan calon,” kata Divisi Kampanye KPU Tangsel, Badrusalam.


(REN)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

9 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /