Hari Ini, Tekanan ke Rupiah Bisa Kembali Datang

Ade Hapsari Lestarini    •    20 Oktober 2015 08:26 WIB
kurs rupiah
Hari Ini, Tekanan ke Rupiah Bisa Kembali Datang
Ilustrasi. (FOTO: AFP/ADEK BERRY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini diperkirakan bisa kembali melemah seiring dengan tekanan yang menghimpitnya.

"Hari ini tekanan terhadap rupiah bisa datang kembali melihat sentimen penguatan dolar AS dan penurunan harga komoditas yang masih terlihat," tutur analis Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, dalam hasil risetnya, Selasa (20/10/2015).

Dia menjabarkan, mata uang Garuda sempat melemah di pembukaan perdagangan kemarin menyusul pengumuman GDP Tiongkok. Namun akhirnya berhasil ditutup menguat, bahkan menjadi salah satu kurs yang menguat di Asia di tengah sentimen penguatan dolar.

Rangga menambahkan, secara umum, tekanan eksternal baik dari penurunan harga komoditas serta sentimen perlambatan global masih akan menekan rupiah ke depan.

Akan tetapi, lanjutnya, potensi overshooting akibat harapan kenaikan suku bunga the Fed sepertinya masih akan tertunda hingga tahun depan.

"Pengumuman angka GDP kuartal III-2015 yang diperkirakan pemerintah membaik hingga 4,8-5 persen YoY juga akan menjadi konfirmasi penting bagi arah pergerakan rupiah ke depan," pungkasnya.


(AHL)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /