Menlu: Perwakilan RI Harus Ramah Terhadap TKI

Fajar Nugraha    •    20 Oktober 2015 10:40 WIB
perlindungan wni
Menlu: Perwakilan RI Harus Ramah Terhadap TKI
Menlu Retno Marsudi membuka Rakornas PWNI 2015 (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membuka Rakornas Perlindungan WNI 2015. Menlu menegaskan kembali warga perwakilan RI di luar negeri harus ramah terhadap TKI.

Rapat koordinasi nasional Perlindungan WNI 2015 ini menurut Menlu Retno sangat penting karena bertepatan dengan satu tahun pemerintahan Jokowi-JK. Menlu menyebutkan bahwa Presiden Jokowi menegaskan semangat nawacita dalam melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara, termasuk warga negara yang tinggal di luar negeri.

"Bahwa perlindungan WNI, merupakan salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia. Saya ingin ulangi ada prioritas empat politik luar negeri Indonesia," ujar Menlu Retno, di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (20/10/2015).

"Pertama, melindungi NKRI. Kedua, melindungi WNI dan BHI di luar negeri. Ketiga, meningkatkan diplomasi ekonomi dan Keempat meningkatkan peran Indonesia di kawasan dan di dunia internasional," tegasnya.

Atas dasar tersebut, Menlu menekankan kata-kata kepedulian dan keberpihakan dari perwakilan RI untuk mengurus setiap WNI yang berada di luar negeri. Kata-kata tersebut dapat diubah menjadi berbagai sikap dan kebijakan.

"Tapi kebijakan itu tidak dapat dilihat dampaknya apabila para pelaku tidak memperlihatkan keberpihakan kepada WNI," sebut Menlu.

"Di banyak perwakilan, saya melihat hasil yang memuaskan. Saya mengucapkan terima kasih. Tetapi kita tidak ingin melihat apabila WNI tidak disambut dengan ramah oleh pihak perwakilan," tegas mantan Dubes RI untuk Belanda itu.

"KBRI, Konsul adalah rumah Indonesia, setiap WNI memiliki hak untuk mendapatkan perlakukan yang baik. Saya tidak ingin mendengar perlakukan tidak ramah dari setiap staf perwakilan ri di luar negari terhadap wni yang berada di sana," tutur Menlu Retno.

Satu hal penting lainnya yang disampaikan Menlu dalam rakornas ini, setiap perwakilan harus menjelaskan bahwa setiap negara memiliki hukum dan aturannya masing-masing. Untuk itu setiap perwakilan harus mengingatkan WNI mengenai hukum dan aturan dari negara tempat mereka tinggal saat ini.


(FJR)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

6 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /