El Nino Tidak Pengaruhi Peningkatan Gabah di Jabar

Gervin Nathaniel Purba    •    20 Oktober 2015 11:26 WIB
elnino
El Nino Tidak Pengaruhi Peningkatan Gabah di Jabar
Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ahmad Heryawan. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Metrotvnews.com, Subang: Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan mengatakan ada kenaikan produksi gabah sebesar enam persen meskipun el nino melanda Jabar.

"Ada kenaikan enam persen meskipun sedang el nino. Jika tidak el nino, mungkin kita sudah bisa ekspor," ujar Ahmad Heryawan, saat memberikan kata sambutan di Desa Gardu Mukti, Kabupaten Subang, Jabar, Selasa (20/10/2015).

Selain itu, dirinya mengakui adanya puso (gagal panen) seluas 43 ribu hektare (ha) dari total lahan sawah yang mengalami kekeringan seluas 95 ribu ha . Namun, menurutnya hal itu tidak menganggu peningkatan produksi beras di daerah tersebut.

"TNI membantu masyarakat dalam pembagian air. Alhamdulilah pembagian air tahun ini berjalan dengan lancar, tidak seperti pada tahun sebelumnya," ungkap pria yang kerap disapa Aher ini.

Adapun dirinya mengapresiasi Presiden Joko Widodo dalam memberikan instruksi kepada Panglima TNI untuk membantu distribusi pupuk. Menurutnya, instruksi dari Presiden telah mengurangi penyimpangan distribusi pupuk.

"Berkat keterlibatan TNI dalam pertanian, penyimpangan distribusi pupuk berkurang, TNI bisa laksanakan operasi militer, ternyata bisa mengamankan pupuk, mengamankan air, termasuk operasi militer selain perang," pungkasnya.

Masih lanjut Aher, dirinya yakin bahwa pemerintah dapat mencapai swasembada pangan. Baginya hal ini dapat terbukti dalam satu tahun pemerintahan Kementan, hingga saat ini belum dilakukan impor beras.


(AHL)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /