REI Sumsel Sebut Harga Rumah Bersubsidi Bakal Naik

   •    20 Oktober 2015 11:50 WIB
perumahan
REI Sumsel Sebut Harga Rumah Bersubsidi Bakal Naik
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Metrotvnews.com, Palembang: Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Selatan Harriadi Benggawan menyatakan harga rumah subsidi yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) akan naik pada 2016 yakni dari Rp110 juta menjadi Rp116 juta per unit.

"Kenaikan harga ini disesuaikan dengan kenaikan harga bahan bangunan. Setiap tahun, biasanya kenaikan harga rumah MBR rata-rata 10 persen sampai 20 persen. Hal itu sesuai dengan naiknya harga bahan bangunan dan upah buruh," kata dia, seperti dikutip dari Antara, di Palembang, Selasa (20/10/2015).

Ia tidak membantah kenaikan harga ini akan berdampak pada daya beli golongan MBR. Karena itu, REI meminta pemerintah membuat kebijakan baru terkait suku bunga dan pajak. Saat ini sedang tahap penggodokan di tingkat pusat, dan sepertinya akan disetujui meskipun besarannya belum diketahui pasti. 

"Intinya bagaimana suku bunga lima persen selama 20 tahun bisa diikuti pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh) satu persen," jelas dia.

Selain meminta kebijakan terkait pajak, REI juga meminta pemerintah gencar membangun infrastruktur penunjang di kawasan perumahan jika ingin mempercepat realisasi program satu juta rumah. REI sedang mendekati pemerintah kota dan provinsi untuk bergerak cepat dalam membangun infrastruktur penunjang, seperti jalan, jaringan listrik dan jaringan air bersih. 

"Sebenarnya pemerintah sudah melakukannya, tapi alangkah lebih baiknya jika digencarkan lagi karena targetnya tinggi," pungkas Harriadi.



(ABD)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /