Penerbangan di Hang Nadim Batam Belum Normal

Antara    •    20 Oktober 2015 12:18 WIB
kabut asap
Penerbangan di Hang Nadim Batam Belum Normal
Kabut asap di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau. (Ant/Joko Sulistyo)

Metrotvnews.com, Batam: Penerbangan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam tujuan Pekanbaru dan Jambi, Selasa (20/10/2015) belum normal akibat jarak pandang terbatas.

"Pagi ini jarak pandang di Pekanbaru dilaporkan hanya 700 meter. Jadi, tiga pesawat di Batam belum bisa terbang. Sementara di Jambi jarak pandang malah di bawah 500 meter," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Kepulauan Riau.

Ia mengatakan, tiga jadwal tujuan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru oleh maskapai Lion Air JT-237, JT-235 dan Citilink QG932, hingga berita ini disusun, masih tertunda menunggu cuaca membaik.

"Yang dari Pekanbaru tujuan Batam juga belum ada yang bisa terbang. Jarak pandang tidak memungkinkan untuk lepas landas," kata dia.

Sementara, penerbangan tujuan Jambi yang dibatalkan adalah Nam Air dan Lion Air. Pembatalan tersebut sudah berlangsung dalam jangka yang cukup lama.

"Untuk Batam sebenarnya tidak ada masalah. Namun karena bandara-bandara di Sumatra daratan masih terselimuti asap, jadi jadwal dari Batam juga terganggu," kata Suwarso.

Selain dua tujuan tersebut, sejumlah penerbangan dari Medan, Palembang, Padang tujuan Batam dan sebaliknya juga masih sering tertunda dan batal akibat asap.

Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu mengatakan pada pagi dan sore hari wilayah Batam masih sering diselimuti asap kiriman dari kebakaran hutan di Sumatra daratan.

Menurutnya, asap tersebut terbawa angin hingga sampai ke Batam, namun secara umum jarak pandang masih memungkinkan untuk penerbangan.


(SAN)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /