Pemerintah Harus Perbaiki Faktor Internal dan Eksternal

Eko Nordiansyah    •    20 Oktober 2015 13:26 WIB
ekonomi indonesia
Pemerintah Harus Perbaiki Faktor Internal dan Eksternal
Ilustrasi. MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Guru Besar Cornell University, Iwan Jaya Azis mengatakan ada beberapa hal yang perlu dilakukan pemerintah guna melepaskan diri dari perlambatan ekonomi. Perbaikan tersebut harus dilakukan lewat perbaikan faktor internal dan faktor eksternal.

"Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Di antaranya untuk memperbaiki dari faktor internal dan faktor eksternal," kata dia di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2015).

Untuk faktor eksternal, Iwan menyebut, pemerintah perlu lebih pro-aktif dalam memperbaiki hubungan dan kerja sama ekonomi global dan regional.

Untuk faktor internal, dirinya meminta pemerintah jangan terbuai dengan fundamental baik, karena perilaku sektor keuangan bisa membalik keadaan secara mendadak di tengah keterkaitan antar negara yang makin besar dan kompleks.

Sementara itu, untuk memperbaiki faktor non-fundamental pemerintah harus menjaga kepercayaan pasar dan masyarakat dengan informasi yang terarah dan tidak bertentangan diantara pembuat kebijakan.

"Di hampir semua episode krisis, pernyataan kondisi fundamental sering tidak sesuai dengan kenyataan karena indikator yang berubah. Untuk faktor non fundamental, hindari penyampaian informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan, tidak jelas, kontradiktif dan bertentangan antar pembuat kebijakan," pungkasnya.


(SAW)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /