Jokowi Ditanya Kenapa Bisa Jadi Presiden

Desi Angriani    •    20 Oktober 2015 14:11 WIB
1 tahun jokowi-jk
Jokowi Ditanya Kenapa Bisa Jadi Presiden
Presiden Joko Widodo (kanan) menjawab sejumlah pertanyaan dari perwakilan siswa sekolah dasar se-Jabodetabek yang berperan sebagai reporter cilik di Istana Negara, Jakarta, Selasa (20/10/2015).ANT/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tepat satu tahun memimpin Indonesia, Presiden Joko Widodo diserbu puluhan reporter cilik. Mereka binaan Media Indonesia, salah satu media nasional di Indonesia.

Jokowi, sudah pasti diberondong pertanyaan. Macam-macam. Tapi, seperti gaya khasnya, Jokowi tetap kalem menjawab semua pertanyaan.

Ketika menjawab pertanyaan Kalika dari SDN Tangerang, misalnya, Jokowi tak berhenti tersenyum. Kalika bertanya, "Apa yang membuat Jokowi bisa jadi Presiden?"

Jokowi menjawab, "Saya tak pernah bercita-cita jadi Presiden. Paling baik tanyakan ke masyarakat, ke kampung-kampung kenapa si pak Jokowi jadi Presiden, jangan tanya ke saya."

Vayana, murid kelas 5 SD Tunas Global, menyusul bersuara. Dia menanyakan latar belakang pendidikan dan bagaimana Jokowi memisahkan peran sebagai presiden sekaligus pengusaha.

Jokowi mengakui, latar belakang pendidikan dan pengusaha tak bertautan langsung dengan karier politiknya. Tapi, sebelum menjadi presiden, dirinya selalu menjunjung tinggi nilai kejujuran, kerja keras, dan tekun.

"(Semua) Ini yang mendukung dan membentuk karakter saya,” kata Jokowi.

Omar, reporter cilik lainnya, menyambung sekaligus membuat Jokowi mesem-mesem. "Apa bapak pernah stres selama jadi presiden?"

Jokowi spontan menjawab, "Presiden dilarang stres. Kalau presiden menunjukkan kesedihan, nanti rakyatnya ikut sedih semua. Jadi, saya harus optimistis."

Jokowi menambahkan, kegiatan dan masalah negara memang seabrek-abrek. Ada 250 juta warga negara yang harus diperhatikan. Itu jelas tidak mudah.

"Saya perlu protokol untuk membantu saya," kata Jokowi.

Presiden juga berpesan kepada anak-anak untuk belajar saling menghargai dan menghormati. Juga menjaga lingkungan, kesehatan, dan tidak buang sampah sembarangan.


(ICH)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /