Sulit Menguji Integritas Capres

   •    17 September 2013 21:02 WIB
Sulit Menguji Integritas Capres
Hamdi Muluk--MI/M Irfan/bb

Metrotvnews.com, Jakarta: Sulit uji integritas capres sehingga masyarakat disarankan melihat rekam jejak sang calon itu.

Pengamat psikologi politik Hamdi Muluk menyebut sulit melakukan uji integritas terhadap calon presiden. Ia menyebut cara paling dapat terlihat adalah melihat rekam jejak calon bersangkutan.

"Sulit jika uji integritas. Sulit mengukurnya," kata Hamdi ketika dihubungi Media Indonesia, Selasa (17/9).

Hamdi yang juga pengajar di Universitas Indonesia ini menyampaikan, mahasiswanya sempat ingin membuat alat untuk mengecek integritas seseorang. Namun, dari percobaan tersebut didapatkan kesulitan untuk mengukurnya.

Hamdi pun menyerahkan pada rekam jejak atau track record dari capres untuk dijadikan alat ukur dari uji integritas tersebut. "Bisa saja sebenarnya dengan melihat track record-nya," sahut Hamdi.

Hamdi menitikberatkan, uji integritas dapat dilakukan jika ingin menyeleksi pegawai. Namun, jika ingin memilih calon presiden yang nantinya akan menjadi pejabat publik tidak dapat dilakukan.

"Kalau uji integritas pegawai itu kan prosesnya seleksi, kalau capres itu eleksi, beda. Lagipula, lembaga yang melakukan uji integritas pun rentan digugat karena kapasitasnya apa menguji integritas seorang calon pejabat publik," ujar Hamdi.

Lebih jauh, Hamdi menilai seorang capres yang secara tidak langsung ingin menjadi pejabat publik itu sudah seharusnya menyampaikan track recordnya kepada masyarakat. "Karena dia itu calon pejabat publik, sudah selayaknya rakyat tahu tentang dia dan track record-nya."

Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan perlunya dilakukan uji integritas terhadap capres. KPK akan menguji apakah yang disampaikan oleh capres tersebut akan dijalankan pada lima tahun kedepan seperti yang dijanjikannya. (Fidel Ali Permana)


Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /