PLN Cirebon Bantah Desa Panguragan Lor Belum Teraliri Listrik

Ahmad Rofahan    •    20 Oktober 2015 17:41 WIB
listrik
PLN Cirebon Bantah Desa Panguragan Lor Belum Teraliri Listrik
Foto: Manajer PLN Rayon Sumber Cirebon, Toto Prawoto (Kiri berkacamata) dan Humas PLN Area Cirebon Amir Mahmud (kanan)/MTVN_Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Manajer Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Sumber Cirebon, Jawa Barat, Toto Prawoto, membantah Desa Panguragan Lor, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, belum teraliri listrik. Toto menilai ada prosedur yang tak dipahami calon pelanggan PLN saat mendaftar.

Toto mengaku wilayah yang belum teraliri listrik adalah Blok Cikuya, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, bukan Desa Panguragan Lor. Menurut dia, kesalahpahaman ini lantaran calon pelanggan PLN tak paham dengan tata cara pengajuan pemasangan listrik.

"Tidak seluruh desa yang belum teraliri listrik. Jaringan sebenarnya sudah ada. Tapi saya juga tidak tahu pasti total yang belum teraliri. Kalau di Blok Cikuya sebelumnya belum teraliri listrik, namun sekarang dalam penanganan. Kalau di Panguragan Lor sudah ada sebenarnya," kata Toto Prawoto saat ditemui Metrotvnews.com di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (20/10/2015).

Sebelumnya, Satimi, 71, warga Blok 1 Desa Panguragan Lor mengaku rumahnya belum pernah teraliri listrik. Padahal, rumahnya itu sudah dibangun sejak 50 tahun lalu. Dia sempat mengajukan pemasangan listrik ke PT PLN, namun tidak terealisasi juga.

"Pernah sudah bayar Rp2 juta, tapi tidak dipasang-pasang. Jadi uangnya saya ambil lagi, tapi cuma dikembalikan Rp1,7 juta saja,” kata Satimi kepada Metrotvnews.com, kemarin.

Toto pun membantah pihaknya memotong uang pendaftaran pemasangan listrik itu. Toto mengaku dirinya bersama Humas PLN Cirebon sudah menemui Satimi guna klarifikasi soal uang yang dipotong itu.

Dalam pertemuan itu titik terang ditemukan. Satimi melalui keponakannya mendaftarkan pemasangan listrik ke Koperasi Unit Desa (KUD) setempat.

"Jadi bukan pihak PLN, melainkan tempat pembayaran listrik. Bahkan namanya pun belum terdaftar dalam daftar permintaan pemasangan," ujar Toto.

Selain menemui Satimi, Toto mengaku pihaknya sudah menemui sejumlah calon pelanggan. Dia menyarankan calon pelanggan mendaftar langsung tanpa perantara atau menghubungi layanan 022-123.

"Kalau pendaftaran yang 450 watt, nanti diarahkan oleh operator untuk menghubungi PLN setempat dengan membawa surat keterangan miskin," pungkas dia.


(TTD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

9 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /