Balon Penyebar Internet Google akan Mengudara di Indonesia

Riandanu Madi Utomo    •    20 Oktober 2015 19:21 WIB
google
Balon Penyebar Internet Google akan Mengudara di Indonesia
Ilustrasi Project Loon (gambar: Google)

Metrotvnews.com, Jakarta: Balon raksasa penyedia internet milik Google nampaknya akan jadi mengudara di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam acara konferensi pers sore tadi di gedung Kemenkominfo, Jakarta.

Rudiantara mengatakan, Google hanya akan menggunakan balon udaranya sebagai sarana untuk uji teknis, bukan untuk dikomersilkan dan bersaing dengan perusahaan telekomunikasi di Indonesia.

"Project Loon hanya akan mengadakan technical test di udara Indonesia tanpa ada implikasi komersil," ujar Rudiantara.

Balon pintar yang dinamakan Project Loon tersebut rencananya akan menggunakan frekuensi komunikasi 900Hz. Rudiantara juga memastikan bahwa Google hanya akan melakukan uji coba semata. Pemerintah tak akan membuka lisensi penggunaan frekuensi telekomunikasi baru kepada mereka.

Project Loon merupakan proyek yang digagas Google dalam rangka menyebarkan internet ke berbagai daerah terpencil di dunia. Project Loon menggunakan balon raksasa yang akan berfungsi sebagai penyebar sinyal internet. Keberadaan Project Loon kabarnya sebelumnya sempat ditentang Telkom karena dianggap akan mengganggu komunikasi di Indonesia.


(ABE)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

7 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /