Puluhan Warga Asing Ditangkap di Surabaya Ahli Bidang Teknologi

Muhammad Khoirur Rosyid    •    20 Oktober 2015 19:22 WIB
penipuan
Puluhan Warga Asing Ditangkap di Surabaya Ahli Bidang Teknologi
Puluhan warga Tiongkok dan Taiwan ditangkap di Surabaya atas kasus pemalsuan via online, MTVN - MK Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 32 warga asal Tiongkok dan Taiwan ditangkap di sebuah hotel di Surabaya, Jawa Timur. Mereka diduga melakukan penipuan jaringan internasional dengan modus penjualan via online.

"Para tersangka merupakan pelaku penipuan internasional jaringan internasional. Mereka tidak hanya beroperasi di Indonesia tapi juga beberapa di negara lainnya,” kata Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Tadir Matanette, Selasa (20/10/2015).

Takdir menjelaskan, para tersangka menipu korban adalah dengan cara berjualan online. Korban yang telah sepakat jual beli dengan pelaku dengan cara online mengirimkan uang melalui rekening dan kartu kredit.

"Para tersangka ini memiliki keahlian dalam bidang informasi dan teknologi. Mereka memanfaatkannya untuk membobol kartu kredit dan rekening," jelasnya.

Sehingga uang yang ada di kartu kredit maupun rekening korban secara mudah bisa disedot para tersangka dengan kecanggihan teknologi yang kuasainya. Lalu, korban yang merasa kehilangan melaporkan kejadian itu kepada polisi.

Polrestabes Surabaya mengamankan 27 warga Tiongkok dan lima warga Taiwan yang tengah menginap di Hotel Ciputra World, Surabaya. 

Kasatreskrim AKBP Takdir mengatakan, kasus itu merupakan tugas dari Cyber Crime Mabes Polri yang memerintahkan Polrestabes Surabaya mencekal langkah para tersangka yang diketahui sedang beroperasi di Surabaya.
 


(RRN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /