Pemerintah Siapkan Langkah Preventif Cegah Kebakaran Hutan Terulang

Eko Nordiansyah    •    20 Oktober 2015 20:08 WIB
kebakaran hutan
Pemerintah Siapkan Langkah Preventif Cegah Kebakaran Hutan Terulang
Menko Perekonomian Darmin Nasution. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan langkah preventif guna menanggulangi masalah kebakaran hutan terulang di masa mendatang.

"Soal itu kita sebenarnya enggak bahas kebakaran hutan. Itu membahas adakah alternatif cara konsep untuk mengambil langkah preventif kebakaran hutan," ujar dia di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2015).

Darmin menambahkan, kasus kebakaran hutan sudah terjadi sejak 18 tahun yang lalu. Sehingga perlu dilibatkan berbagai pihak seperti pemerintah daerah (pemda), pengusaha serta desa yang membangun kebun kelapa sawit.

"Kita harus mencari jalan kalau begitu beri insentif, disinsentif supaya kalau bikin kebun enggak usah bakar lahan. Apalagi ada gambut di dekatnya," jelas dia.

Meskipun begitu, Darmin belum mau menyebutkan detil langkah yang akan diambil pemerintah. Karena masih akan ada pertemuan lanjutan yang membahas, mencari mekanisme langkah preventif tersebut.

"Bagaimana caranya menjaga jangan kebakaran dulu baru di atasi karena biayanya jauh lebih mahal. Antara mengusahakan desa-desa pemilik kebun besar, pemda, kalau preventif mungkin seperdualima atau seperlima puluh dibanding biaya pemadam kebakaran," pungkasnya.


(SAW)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

15 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /