Bahas Kekerasan Terhadap Anak, Jokowi Gelar Ratas

Desi Angriani    •    20 Oktober 2015 20:22 WIB
kekerasan anak
Bahas Kekerasan Terhadap Anak, Jokowi Gelar Ratas
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. (ANT/Widodo S Jusuf).

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah menteri ke Komplek Istana, Jakarta. Presiden menggelar rapat terbatas terkait pencegahan dan penanggulangan kekerasan terhadap anak.

Dari pantauan di lokasi, terlihat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Puan Maharani, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise dan Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa.

"Ratas kali ini akan dibahas pencegahan dan penanggulangan masalah kekerasan terhadap anak," kata Jokowi saat mengawali ratas di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2015).

Jokowi mengatakan, pemerintah perlu memberikan perhatian lebih kepada anak. Selain karena kasus kekerasan terhadap anak meningkat dalam beberapa waktu terakhir, juga lantaran bangsa yang bermartabat dilihat dari seberapa besar perhatiannya terhadap generasi penerus.

"Tidak ada yang bisa membuat Indonesia disegani di antara bangsa-bangsa lain di dunia, jika bangsa itu tidak memperhatikan anak-anak. Kita lihat kekerasan terhadap anak masih banyak, diskriminasi, narkoba, korban kekerasan seksual dan lain-lain," beber Jokowi.

Jokowi menilai, pemerintah perlu bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menanggulangi kasus kekerasan tersebut. Baik dari keluarga, sekolah, lingkungan maupun sosial media.

"Saya berharap ini dapat dikoordinasikan seluruhnya. Agar pemenuhan hak bisa dilakukan, sehingga dampak itu akan kelihatan nanti di masyarakat kita," tandas Jokowi.

Kasus kekerasan terhadap anak kerap terjadi. Kasus terakhir yang menyita perhatian publik adalah pembunuhan terhadap PNF. Bocah sembilan tahun itu ditemukan tewas dalam kardus di kawasan Kalideres, Jakarta Barat.


(DEN)

Guardiola Yakin akan Ada Klub yang Mengaktifkan Klausul Pembelian Messi
Klausul Pembelian Messi

Guardiola Yakin akan Ada Klub yang Mengaktifkan Klausul Pembelian Messi

51 minutes Ago

Messi memiliki klausul 300 juta Euro atau jika dirupiahkan menjadi Rp4,7 triliun.…

BERITA LAINNYA
Video /