Bayer Leverkusen vs AS Roma

Drama 8 Gol, Leverkusen vs Roma Berakhir Tanpa Pemenang

Achmad Firdaus    •    21 Oktober 2015 03:49 WIB
liga champions
Drama 8 Gol, Leverkusen vs Roma Berakhir Tanpa Pemenang
Momen saat Miralem Pjanic mencetak gol indah lewat tendangan bebas (Foto: PATRIK STOLLARZ / AFP)

Metrotvnews.com, Leverkusen: Duel Bayer Leverkusen kontra AS Roma di matchday 3 penyisihan Grup E Liga Champions berlangsung dramatis. Delapan gol tercipta di mana Leverkusen berhasil mengejar defisit dua gol di enam menit terakhir untuk memaksakan hasil imbang 4-4.

Tandang ke BayArena, Rabu 21 Oktober 2015 dini hari WIB, Roma langsung mendapat tekanan dari Leverkusen yang mendapat dukungan penuh suporternya.

Tim besutan Roger Schmidt pun tak butuh waktu lama untuk membuka keunggulan. Laga baru berjalan empat menit, Leverkusen mendapatkan hadiah penalti menyusul handball Vassilis Torosidis saat coba menghalau umpan Hakan Calhanoglu di kotak penalti.

Hadiah penalti itu tidak disia-siakan Javier 'Chicharito' Hernandez yang maju sebagai eksekutor. Tendangan mantan penyerang Manchester United ke pojok kanan bawah sukses mengecoh kiper Roma, Wojciech Szczesny. 1-0 Leverkusen memimpin.

Tersengat gol cepat Leverkusen, Roma coba merespons dengan tembakan Miralem Pjanic usai menerima umpan tarik Gervinho. Sayang, tembakan Pjanic masih mampu diblok Bernd Leno, kiper Leverkusen.

Alih-alih mencetak gol penyeimbang, gawang Roma justru kembali bobol. Chicharito kembali menjadi aktor protagonis di kubu Leverkusen. Berawal dari serangan balik, Chicharito yang memainkan umpan satu dua cantik dengan Calhanoglu sukses menaklukkan Szczesny kendati harus dua kali melepaskan tembakan. Roma tertekan karena tertinggal 2-0 dalam kurun waktu kurang dari 19 menit.

Tempo permainan ditingkatkan Roma demi mengejar defisit gol. Gol yang ditunggu-tunggu pun datang pada menit ke-29. Berawal dari sebuah sepak pojok, Danielle De Rossi sukses memanfaatkan umpan Kostas Manolas untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1.

Pertandingan kian menarik di 15 menit sisa babak pertama. Roma dan Leverkusen kini terlibat perang terbuka dengan permainan-permainan cepatnya.

Roma sempat mengklaim hadiah penalti pada menit ke-35 saat Gervinho terjatuh di kotak terlarang. Sayang, wasit tidak menganggap benturan Gervinho dengan Papadppoulus sebagai pelanggaran.

Namun, kekecewaan para pemain Roma langsung terbayar tiga menit kemudian. Mereka sukses menyamakan kedudukan lewat gol kedua De Rossi yang sukses memaksimalkan umpan tendangan bebas Pjanic.

Pertarungan kian menarik di lima menit terakhir babak pertama. Sayangnya, skor 2-2 tidak berubah hingga turun minum.

Masuk babak kedua, Roma kembali menggebrak. Skuat Serigala Ibu Kota nampaknya tidak ingin kehilangan momentum mereka di 15 menit terakhir babak pertama di mana mereka tampil dominan.

Menit ke-54, pendukung Leverkusen harus terdiam usai tendangan bebas cantik Pjanic meluncur mulus ke pojok gawang Leno. Roma kini berbalik unggul 2-3.

Balik tertinggal, Leverkusen kini nampak tertekan dan berupaya keras mengejar ketertinggalan. Namun, mereka tidak bisa leluasa menekan lantaran Roma juga masih bernafsu untuk menambah keunggulan.

Dan benar saja, Roma sukses memperbesar keunggulannya menjadi 2-4 pada menit ke-73. Pemain pengganti Iago Falque ikut mencatatkan namanya di papan skor usai meneruskan umpan Gervinho yang sukses mengobrak-abrik pertahanan Leverkusen.

Sepuluh menit laga tersisa, Leverkusen memiliki asa untuk setidaknya selamat dari kekalahan setelah Kevin Kampl memperkecil ketertinggalan menjadi 3-4 lewat tendangan melengkung Kevin Kampl pada menit ke-84.

BayArena bahkan kembali bergemuruh dua menit berselang lantaran pemain pengganti, Admir Mehmedi sukses menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Berawal dari aksi individu Kampl, Mehmedi yang tidak terkawal di tiang jauh, sukses memaksimalkan umpan tarik Wendell.

Semangat para penggawa Leverkusen kian menggebu-gebu di empat menit tersisa, sementara Roma mulai dihantui kecemasan gagal membawa pulang poin.

Chicharito nyaris menjadi mimpi buruk bagi Roma andai sepakannya di masa injury time tidak tipis melenceng dari gawang Szczesny. Skor imbang 4-4 pun menjadi hasil yang fair untuk kedua tim.

Hasil ini tentunya menguntungkan Bayer yang sukses mengamankan posisi dua di bawah Barcelona yang di saat bersamaan menang 0-2 atas tuan rumah BATE Borisov. Leverkusen mengoleksi empat poin atau terpaut tiga poin dari Barca di puncak klasemen sementara Grup E. Adapun Roma masih terdampar di posisi buncit dengan koleksi dua poin, tertinggal satu angka dari BATE di posisi tiga.

Susunan Pemain:
Bayer Leverkusen (4-2-3-1):
Leno; Donati, Tah, Papadopoulos, Wendell; Toprak/Yurchenko (79'), Kramer/Brandt (66'); Bellarabi/Mehmedi (57'), Calhanoglu, Kampl; Hernandez.

AS Roma (4-4-2): Szczesny; Torosidis,Manolas, Rudiger, Digne; Nainggolan, De Rossi, Pjanic, Florenzi/Iturbe (90'); Salah/Falque (62'), Gervinho/Dzeko (85')


(ACF)

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan

4 hours Ago

Joao Cancelo akan segera menandatangani kontrak bersama Inter Milan. Itu terjadi setelah dia lo…

BERITA LAINNYA
Video /