BMKG Yogyakarta Miliki Stasiun Klimatologi dan Radar Cuaca

Ahmad Mustaqim    •    21 Oktober 2015 12:19 WIB
prakiraan cuaca
BMKG Yogyakarta Miliki Stasiun Klimatologi dan Radar Cuaca
Salah satu monitor pemantau cuaca di Stasiun Klimatologi dan Radar Cuaca BMKG Yogyakarta. MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta meresmikan Stasiun Klimatologi dan Radar Cuaca di Jalan Kabupaten Km 5, Mlati, Sleman. Wakil Gubernur Yogyakarta Paku Alam IX meresmikan fasilitas tersebut pada Rabu 21 Oktober.

Sekretaris Utama BMKG, Widada Sulistya, mengatakan radar yang terpasang memiliki kemampuan radius pantauan mulai dari 150 hingga 200 kilo meter. Sistem pembaruan informasinya berlangsung setiap 10 menit sekali.

"Selain wilayah Yogyakarta, radar juga bisa menjangkau sebagian wilayah Jawa Tengah," kata Widada selepas peresmian Stasiun Klimatologi dan Radar Cuaca BMKG Yogyakarta di Sleman.

Widada mengatakan, keberadaan radar membuat pemantauan cuaca lebih intensif. Dia mencontohkan, jika terdapat awan di kawasan Kaliurang dan berpotensi hujan deras, data itu akan langsung disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Potensi iklim juga akan kita sampaikan ke dinas terkait. Contoh, dinas pertanian, seberapa besar curah hujan dan kapan bisa memulai masa tanam," ujar Widada.

Radar cuaca dihubungkan ke seluruh kabupaten di Yogyakarta. Koneksi radar dari stasiun terhubung dangan alat-alat tanpa awak yang terpasang di stasiun daerah.

"Kami juga bisa melihat statistik bencana," kata Widada.

Stasiun pemantauan cuaca ini melengkapi stasiun gempa yang sudah dimiliki BMKG Yogyakarta. Widada berharap fasilitas radar dan stasiun klimatologi bisa memenuhi kebutuhan informasi warga terkait iklim dan prakiraan cuaca.

"Diharapkan penambahan sarana ini bisa membantu kebutuhan informasi cuaca atau iklim di Yogyakarta," ujar Paku Alam IX.


(SBH)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /