Jokowi: Penting Pertahankan Neraca Perdagangan Terus Surplus

Gervin Nathaniel Purba    •    21 Oktober 2015 12:36 WIB
neraca perdagangan indonesia
Jokowi: Penting Pertahankan Neraca Perdagangan Terus Surplus
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (kanan) ditemani Mendag Thomas Lembong (kiri) dalam acara Trade Expo (Foto: MTVN/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menilai penting bagi pemerintah terus meningkatkan transaksi perdagangan guna mempertahankan agar neraca perdagangan bisa terus mengalami surplus. Hal ini dianggap penting karena berdampak positif bagi struktur perekonomian di waktu-waktu mendatang.

"Yang paling penting bagaimana surplus neraca perdagangan kita masih bisa kita pertahankan. Itu yang paling penting," ujar Jokowi, ditemui dalam acara Trade Expo, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Presiden tidak menampik kondisi pasar internasional tengah tidak menentu, utamanya bagi negara tujuan ekspor dari Indonesia. Akibat kelesuan ekonomi dunia, negara tujuan ekspor akhirnya mengurangi permintaan barang. Namun, Presiden meyakini masih surplusnya neraca perdagangan menjadi baik di tengah perlambatan ekonomi sekarang ini.

"Ini memang pasar-pasar yang kita tuju untuk produk (ekspor) memang semuanya melemah. Jadi kondisi semua negara sama (ekonominya melemah). Data terakhir kita kemarin, surplusnya masih baik dan ekspornya dari bulan sebelumnya juga merangkak naik. Saya kira itu sangat bagus," ungkap Jokowi.

Presiden mengaku, semua produk yang dieskpor merupakan produk-produk unggulan dalam negeri, yang memiliki nilai tambah begitu tinggi. Dalam hal ini, Presiden juga telah meminta kepada Menteri Perdagangan dan Duta Besar agar produk-produk Indonesia bisa menerobos pasar nontradisional.

"Memang saya sudah tugaskan ke Mendag dan Dubes, untuk pasar-pasar nontradisional itu yang harus dikejar. Jangan hanya pasar-pasar lama yang pasar tradisional terus yang kita tuju. Karena memang pasar di negara-negara sekecil apapun itu potensinya ada. Dan sekali lagi produk kita ini macam-macam," pungkas Presiden Jokowi. 


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /